Profil & Biografi Galileo Galilei

Loading...

Bagi Anda yang sangat menyukai pelajaran Sains, apalagi jika Anda menyukai dunia astronomi pastinya Anda sangat mengenal tokoh dengan julukan sebagai bapak fisika modern atau juga sering disebut sebagai bapak astronomi observasional modern yang bernama Galileo Galilei. Galileo Galilei adalah seorang ilmuan asal Italia yang lahir di Pisa, Italia pada tanggal 15 Februari 1564.

Biografi Galileo Galilei

Galileo Galilei merupakan anak pertama dari enam bersaudara dari keluarga yang ayahnya mempunyai profesi sebagai musisi, ayahnya bernama Vincenzo Galilei dan sedangkan ibunya bernama Giulia Degli Ammannati. Selain sebagai musisi ayah dari Galileo sendiri merupakan pedagang wol dan merupakan seorang matematikawan. Ayahnya sangat menginginkan Galileo Galilei untuk menjadi seorang dokter. Disaat usianya menginjak enam tahun Galileo bersama keluarganya pindah ke Florence dan ia memulai pendidikannya di sebuah biara dekat Florence.

Biografi Galileo Galilei 1

Setelah menyelesaikan sekolahnya disana ia lalu melanjutkan belajarnya di Universitas Pisa. Namun, Galileo Galilei tidak menyelesaikan belajarnya disana karena masalah keuangan. Ia mengalami kesulitan itu ketika ayahnya meninggal dunia dan pada saat itu Galileo Galilei menjadi seorang kepala keluarga dan bertanggung jawab atas keluarga dan saudara-saudaranya. Karena Galileo Galilei mempunyai bakat dalam pelajaran matematika, ia ditawarkan untuk mengajar matematika di sebuah universitas pada tahun 1589. Lalu setelah itu, Galileo Galilei pindah mengajar mekanika, geometri, dan juga mengajar astronomi di Universitas Padua pada tahun 1610, ia mengajar di Universitas itu kurang lebih 18 tahun. Pada saat di Universitas Padua, ia sudah sangat mendalami ilmu sains dan banyak membuat penemuan-penemuannya. Galileo Galilei mempunyai tiga orang anak yang lahir di luar nikah dengan hubungan asmaranya bersama Maria Gamba dan Venesia yang merupakan temannya di Universitas Padua.

Mulanya, teori Aristoteles bagi Galileo Galilei merupakan teori yang benar. Dalam teori ini menyatakan bahwa benda-benda langit berputar mengelilingi bumi, dan bumi merupakan pusat dari seluruh alam semesta. Namun kemudian, pada tahun 1604 Galileo Galilei menentang teori yang dibuat oleh Aristoteles itu dan mengakui secara terbuka bahwa ia mendukung teori Nicolaus Copernicus. Dimana dalam teori itu berisi bahwa bumi dan planet-planet lainnya berputar mengelilingi matahari.

Biografi Galileo Galilei 1

Saat tahun 1609, ia mendengar mengenai kaca Belanda yang berhasil dibuat lensa yang dapat dipergunakan untuk melihat objek yang sangat jauh. Pada tanggal 25 Agustus 1609 ia memperlihatkan penemuan teleskopnya itu di Senat Venesia, ia membuat teleskop itu dengan menggunakan lensa yang dibuat dari kaca Belanda. Ketika ia melihat ke langit dengan menggunakan teloskopnya itu ia melihat Jupiter dan empat satelit yang berputar di sekitar Jupiter. Dalam penemuan yang ia temui ini membuat ia semakin yakin terhadap teori Copernicus bahwa tidak semua benda-banda langit berputar mengelilingi matahari. Karena keyakinannya terhadap teori Copernicus, ia mendapatkan hukuman sebagai tahanan rumah dengan larangan untuk dikunjungi selama sisa hidupnya. Tetapi, hukuman yang ia lalui itu diberikan keringan pada tahun 1637 dengan alasan karena pada saat itu Galileo Galilei menjadi buta.

Meskipun ia buta, Galileo berhasil menyelesaikan penelitian yang menjadi dasar bagi mekanika modern, dan penemuannya ini berhasil menyebar ke Negara Belanda secara diam-diam. Di saat umurnya 77 tahun Galileo Galilei meninggal dunia tepat pada tanggal 8 Januari 1642 dan ia dianggap sebagai martir bagi kebenaran ilmiah.

Loading...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

10 − three =