Profil & Biografi Thomas Jefferson

Loading...

Bapak Presiden Amerika Serikat yang ke 3 adalah Thomas Jefferson. Ia lahir pada tanggal 13 April 1743 di Albemarle, Virginia, Amerika Sseorang. Ia merupakan anak ke tiga dari enam bersaudara, dari seorang petani sukses yang merupakan pasangan Peter yang merupakan ayahnya dan ibunya bernama Jane Randolph Jefferson. Namun, ketika usianya 14 tahun ayahnya meninggal dan memberikannya warisan tanah seluas 2,750 are.

Biografi Thomas Jefferson 1

Sejak kecil, ia sangat suka membaca, berlatih biola dan juga bermain di dalam hutan. Saat ia berumur 9 tahun ia mempelajari bahasa Latin dan Yunani di sekolah swasta lokal yang dulunya juga merupakan sekolah dari Pendeta William Douglas. Dan saat ia berusia 14 tahun, ia sekolah bahasa, sastra klasik dan juga belajar matematika bersama Pendeta James Maury.Pada tahun 1760, ia masuk ke Universitas College of William and Mary di Williamsburg, ibukota Virginia untuk mempelajari budaya dan sastra Yunani selama beberapa tahun, namun setelah itu ia berhenti dan memutuskan untuk belajar hukum dalam bimbingan Wythe yang merupakan salah satu pengacara terkemuka di koloni-koloni Amerika. Setelah belajar ilmu hukum selama beberapa tahun, ia sudah menjadi salah satu pengacara terpelajar di Amerika dan banyak memenangkan kasus-kasus besar saat persidangan berlangsung.

Biografi Thomas Jefferson 2

Pada tahun 1772, ia menikah dengan Martha Wayles Skelton yang merupakan janda kaya raya. Saat usianya 33 tahun, ia menjabat sebagai anggota Kongres Kontinental yang merupakan kongres ke-13 daerah jajahan di Amerika yang menyatakan kemerdekaan dari Negara Inggris. Saat itu, ia menyusun Deklarasi Kemerdekaan Amerika Serikat yang berisi mengenai filsafat revolusi saat itu yang dikenal sebagai Piagam Hak-Hak Azazi Manusia. Pada tahun 1785, Thomas Jefferson menjadi Duta Amerika untuk Perancis menggantikan Benjamin Franklin. Ia juga sempat menjabat menjadi Sekretaris Negara dalam kabinet Presiden Washington, yang kemudian mengalami konflik dengan Alexander Hamilton. Selain itu, ia juga menjabat sebagai Gubernur Virginia pada 1779 menggantikan Patrick Henry, Thomas Jefferson lalu mengundurkan diri pada tahun 1781 yang dikarenakan terdapatnya serangan dari tentara Inggris pada Virginia.

Biografi Thomas Jefferson

Thomas Jefferson menjadi calon presiden untuk partai Demokratik-Republikan pada pemilu tahun 1796, namun dikalahkan oleh John Adams yang membuatnya menjadi wakil presiden di bawah John Adams. Ia kemudian mengikuti pemilu lagi setelah empat tahun menjabat sebagai wakil presiden. Dalam pemilu kali ini, ia dan lawannya Aaron Burr mendapatkan jumlah suara yang sama dan pada akhirnya diputuskan kepada Dewan Perwakilan Rakyat yang memilih Thomas Jefferson sebagai presiden. Ia menjabat presiden berturut-turut dari tahun 1801 sampai tahun 1809. Banyak hal-hal yang ia perbuat selama menjabat sebagai presiden, namun keputusan-keputusan yang sangat penting adalah saat ia membeli Louisiana dari negara Perancis pada tahun 1803, pembelian itu membuat Amerika Serikat menjadi lebih luas. Di tahun 1809 Thomas Jefferson pensiun dari jabatannya dan tinggal di Monticello, ia meninggal dunia pada tanggal 4 Juli 1826.

Loading...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

9 + 11 =