Profil & Biografi Charles Darwin

Loading...

Charles Darwin, lahir pada tanggal 12 Februari 1809 di Shrewsbury. Charles merupakan anak kelima dari enam bersaudara. Pada tanggal 29 Januari 1839 Charles Darwin menikah dengan sepupunya yang bernama Emma Wedgwood yang dilakukan di Maer, dalam upacara pernikahan itu adat yang dilakukannya adalah upacara Anglikan yang dilakukan sesuai dengan kaum Unitarian. Dari pernikahannya dengan Emma Wedgwood, Charles mempunyai anak sebanyak 10 orang. Namun, beberapa anaknya banyak yang menderita penyakit lemah di dalam tubuhnya. Seorang naturalis yang berasal dari negara Inggris, kontribusi yang sudah dibuatnya dikenal sebagai teori evolusi. Dalam teori itu, Charles Darwin mengatakan bahwa seluruh spesies yang ada di seluruh muka bumi ini sudah ada sejak dulu dan diturunkan dari nenek moyang kita.

Biografi Charles Darwin 2

Ibu Charles bernama Susannah Wedgwood meninggal dunia saat ia sedang tinggal di asrama sekolahnya di sekolah Shrewsbury. Charles lahir dari keluarga yang kaya dan merupakan keturunan dokter. Kakeknya bernama Erasmus Darwin dan ayahnya Robert Darwin, keduanya mempunyai profesi sebagai dokter. Charles Darwin pun juga disuruh untuk mengikuti jejak ayah dan kakenya untuk masuk kejurusan dokter di salah satu Universitas di negaranya. Walaupun ia merupakan keturunan dokter tetapi Charles Darwin tidak menyukai bidang itu. Ia lebih berminat dan mempunyai bakat di bidang teknologi. Hal ini yang membuat akhirnya Charles Darwin pada tahun 1827 dipindahkan ke Universitas Cambrige untuk belajar teknologi. Disini, Charles Darwin bertemu dengan Adam Sedgwick yang merupakan seorang ahli geologi. Dalam pertemuannya ini, Adam Sedgwick mengajak Charles Darwin untuk mengikuti penelitian geologi bersama dengan Jhon Henslow yang merupakan ahli di bidang botani.

Biografi Charles Darwin 1

Saat Kelulusannya pada tahun 1831 di Universitas Cambrige, Charles Darwin mendapatkan predikat sebagai mahasiswa dengan lulusan terbaik. Setelah lulus dari universitas itu, ia melanjutkan kuliahnya di Universitas Edinburgh dan disana ia bertemu dengan seorang dokter yang bernama Robert Grant. Dokter yang ia temui itulah yang memperkenalkannya dengan ilmu biologi kelautan. Charles Darwin sangat tertarik dengan ilmu itu. Di awal penelitiannya Charles Darwin melakukan perjalanan untuk menjelajah dunia. Namun, awalnya keinginan Charles itu tidak mendapatkan persetujuan oleh ayahnya. Diatas kapal HMS Beagle, ia melakukan perjalanan selama 5 tahun. Dalam perjalanan ini Charles banyak menulis tentang geologi dan disini ia juga menemukan penelitian mengenai transmutasi spesies yang diartikannya sebagai istilah dari teori perubahan spesies dan kemudian akan menjadi spesies yang lain.

Biografi Charles Darwin

Pengaruh Charles Darwin dalam kehidupan sangatlah penting, ia telah mengubah pandangan manusia mengenai kedudukan manusia di dunia. Tulisan-tulisan yang d tulis olehnya telah merevolusiokan ilmu antropologi dan biologi. Charles Darwin meninggal dunia di Inggris pada tanggal 19 April 1882 dan dimakamkan di Westminster Abbey bersama dengan William Herscel.

Loading...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

1 × two =