Biografi & Biografi Umar bin Khattab

Loading...

Siapa yang tidak tahu tentang sahabat Nabi yang bernama Umar bin Khattab, ia merupakan khalifah kedua Islam pada saat periode 634 sampai 644 Masehi. Umar bin Khattab merupakan satu di antara empat orang Khalifah yang tergolong sebagai Khalifah yang dapat memberikan petunjuk atau yang biasa disebut sebagai Khulafaur Rasyidin.

Biografi Umar bin Khattab 2

Ayah Umar bin Khattab bernama Khattab bin Nufail Al Shimh Al Quraisyi dan ibunya bernama Hantamah binti Hasyim. Ia mendapat julukan Al-Faruq oleh Nabi Muhammad yang berarti orang yang bisa memisahkan antara kebenaran dan kebatilan. Pada zaman jahiliyah banyak orang-orang yang tidak bisa membaca maupun menulis. Namun, tidak untuk Umar. Pada masa itu keluarganya tergolong dalam keluarga kelas menengah, sehingga membuatnya beruntung karena ia bisa membaca dan menulis. Umar merupakan orang yang sangat dihormati oleh masyarakat Mekkah, ia dikenal sebagai seorang pemabuk yang suka meminum anggur, ia sangat menjaga adat-istiadatnya, serta ia juga merupakan orang yang membela agama tradisional bangsa Arab dalam menyembang berhala bahkan putrinya dikubur hidup-hidup demi menjaga kehormatannya. Namun, setelah ia memeluk agama Islam ia tidak sedikitpun menyentuh alkohol lagi dan tidak melakukan ajaran-ajaran sesat yang ia anut sebelumnya.

Biografi Umar bin Khattab 1

Sebelum ia memeluk agama Islam, umar pernah berniat untuk membunuh Nabi Muhammad SAW, Namun, ketika perjalanannya untuk membunuh Nabi Muhammad SAW, ia bertemu dengan salah satu pengikut Nabi Muhammad SAW yang bernama Nu’aim bin Abdullah. Pengikut Nabi Muhammad SAW mengatakan kepadanya bahwa salah satu saudara perempuannya telah memeluk agama Islam. Mendengar berita itu, Umar pulang kerumahnya dan menemui saudara perempuannya untuk menghukumnya. Saat ia pulang, Umar bertemu dengan saudara perempuannya yang sedang membaca Al Qur’an surat Thoha ayat 1-8. Hal itu membuatnya semakin marah dan memukuli saudaranya itu. Saat melihat darah karena ulah pukulannya itu, Umar menjadi iba dan saat ia melihat bacaan di Al Qur’an, ia menjadi sangat teguncang dan setelah beberapa waktu ia menyatakan bahwa ia sudah memeluk agama Islam. Hal itu mendapatkan pengaruh negatif dari masyarakat Mekkah, sehingga membuatnya dikucilkan dan tidak dihormati oleh para pengikut Quraisy.

Pada tahun 622 M, Umar bersama dengan pemeluk agama Islam lainnya pergi berhijrah ke Madinah dan mereka juga mengikuti perang Badar, Khaybar , Uhud, serta penyerangan ke Syria. Umar bin Khattab juga merupakan orang pertama yang sangat membela Nabi Muhammad SAW dan juga ajaran Islam pada setiap kesempatan yang ada bahkan ia menentang teman-temannya terdahulu yang bersama menyiksa para pengikutnya Nabi Muhammad SAW.

Biografi Umar bin Khattab

Umar merupakan penasehat dari Abu Bakar yang saat itu sedang menjabat sebagai khalifah dan menjadi seorang khalifah kedua dalam sejarah Islam menggantikan Abu Bakar yang merupakan khalifah pertama setelah wafatnya Abu Bakar pada tahun 634 M. Dalam masa pemerintahannya itu, Islam tumbuh dan berkembang dengan sangat pesat. Islam mengambil alih Palestina, Syria, Mesir, Armenia, Afrika utara dari kekaisaran Romawi, bahkan mengambil alih sebagian Persia dan Mesopotamia dari tangan dinasti Sassanid dari Persia. Selain itu, ia juga banyak melakukan reformasi secara administratif dan mengontrol dari dekat kebijakan publik. Pada tahun 638 ia memerintahkan untuk memperluas dan merenovasi Masjidil Haram yang terletak di Mekkah dan Masjid Nabawi terletak di Medinah.

Umar bin Khattab meninggal pada hari Rabu, 25 Dzulhijjah 23 H/644 M. Ia dibunuh oleh Abu Lukluk karena dendamnya terhadap Umar karena sakit hati atas kekalahan Persia, yang saat itu merupakan negara adidaya Umar bin Khattab.

Loading...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

6 − one =