Profil & Biografi Seto Mulyadi

Loading...

Kak Seto merupakan nama yang sering disebut-sebut oleh banyak orang. Beliau mempunyai nama lengkap Seto Mulyadi yang lahir pada tanggal 28 Agustus 1951. Kak seto merupakan pembawa acara televisi serta juga merupakan psikolog anak. Selain itu, ia juga menjabat sebagai ketua Komisi Nasional Perlindungan Anak. Ia mempunyai saudara kembar laki-laki yang bernama Kresno Mulyadi yang juga merupakan seorang psikiater anak di Surabaya.

Biografi Seto Mulyadi

Ia hidup dalam keluarga yang berkecukupan, ayahnya bernama Mulyadi yang menjabat sebagai direktur perkebunan negara di Klaten. Kak Seto memulai pendidikannya di SD Ngepos Klaten dan lulus pada tahun 1963 selanjutnya ia melanjutkan sekolah ke SMK di Klaten dan lulus pada tahun 1966. Ayahnya meninggal ketika ia berusia 14 tahun yang membuat keuangan keluarganya menjadi tidak stabil sehingga membuat ia dan keluarganya tinggal bersama dengan bibinya di Surabaya. Kak Seto melanjutkan sekolahnya di SMA St. Louis Surabaya dan lulus pada tahun 1969. Selanjutnya, ia melanjutkan pendidikannya ke Fakultas Psikologi Universitas Indonesia akan tetapi sebelumnya ia sempat menginginkan untuk menjadi seorang dokter.

Biografi Seto Mulyadi 1

Saat Kak Seto sedang menonton, ia melihat acara Taman Indria yang diasuh Bapak Kasur dan Ibu Kasur. Dalam acara tersebut ia kemudian tertarik untuk mencari Bapak dan Ibu Kasur dengan tujuan untuk menjadi gurunya. Setelah bertemu, ia meminta untuk menjadi asisten Bapak Kasur secara sukarela tanpa dibayar. Disana, ia banyak belajar beberapa hal untuk mengajar dan mendidik anak-anak. Setelah beberapa lama menekuni bidang ini, Kak seto kemudian mendapatkan kepercayaan untuk membawa acara Aneka Ria Anak-anak di TVRI dengan berpasangan dengan Gator Sunyoto dan kemudian mengalami bebrapa pergantian hingga akhir ia di pasangkan dengan Henry Purwonegoro. Di acara tersebut, ia mendongeng dan bernyanyi serta juga melakukan aksi sulap untuk menghibur anak-anak dan membuatnya menjadi disukai. Selain itu, ia juga berhasil menciptakan sebuah boneka yang merupakan khas binatang Indonesia yang diberi nama Si Komo yang berbentuk hewan komodo.

Biografi Seto Mulyadi 2

 

Setelah beberapa lama, Kak Seto mendirikan Taman Kanak-kanak yang bernama Mutiara Indonesia, selanjutnya ia juga mendirikan Yayasan Nakula Sadewa. Pada tahun 1987, Kak Seto menikah dengan Deviana yang umurnya terbilang jauh dibawahnya. Dari pernikahannya tersebut, ia memperoleh empat orang anak. Setiap tahun berlalu dilaluinya dengan berbagai macam aktivitas bersama keluarga dan anak-anak lainnya. Pada tahun 2007, Kak Seto mendirikan sekolah alternatif yang merupakan sistem pendidikan atau pembelajaran yang diselenggarakan di rumah yang bernama Homeschooling Kak Seto. Sekolah ini mampu mendekatkan diri kepada anak-anak dan meringankan anak-anak untuk mengatasi masalah sekolahnya. Salah satu siswa dari sekolah yang didirikannya ini adalah artis cantik bernama Nikita Willy. Berkat pengabadiannya dengan anak-anak ia banyak memperoleh berbagai macam penghargaan salah satunya The Golden Ballon Award, New York (1989). Pada tahun 1998, Seto terpilih sebagai Ketua Komnas Perlindungan Anak (Komnas PA) dan kemudian pindah jabatan sebagai Ketua Dewan Konsultatif Nasional.

Loading...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

3 × 2 =