Profil & Biografi Bill Bowerman

Loading...

Bill Bowerman merupakan pendiri dari sepatu dengan merek Nike yang sering Anda gunakan. Ia lahir pada tanggal 19 Februari 1911 di Portland, Oregon, Amerika Serikat. Perusahaan Nike didirikan oleh dua orang yaitu Bill Bowerman bersama dengan Phill Knight. Sebelum mendirikan perusahaan ini, ia merupakan seorang pelatih atletik. Ia merupakan anak dari Ayah yang berprofesi sebagai mantan Gubernur Oregon Jay Bowerman. Ia merupakan anak kedua dari lima bersaudara, orang tuanya bercerai pada tahun 1913 saat ia berumur 2 tahun.

Biografi Bill Bowerman

Ia menyelesaikan pendidikannya di sekolah Medford dan Seattle. Saat di sekolah, Bill Bowerman aktif dalam bemain band serta olahraga sepak bola. Ia kemudian menikah dengan teman satu sekolahnya yang bernama Barbara Muda pada tanggal 22 Juni. Pada tahun 1929, Ia kemudian melanjutkan pendidikannya ke University of Oregon dengan mengambil jurusan jurnalistik. Saat berkuliah ia juga aktif dalam bermain sepak bola. Selain itu, ia merupakan anggota dari Persaudaraan Beta Theta Pi. Setelah menyelesaikan pendidikannya, ia kemudian mengajar biologi serta melatih atletik di Franklin High School pada tahun 1934. Kemudian ia pindah ke Medford sebagai pelatih atletik. Ia kemudian ikut bergabung dalam ROTC, Army Reserve serta bergabung dengan Angkatan Darat Amerika Serikat sebagai Letnan 2 setelah serangan Pearl Harbor terjadi. Ia ditugaskan ke Fort Lawton di Washington sebagai penyuplai logistik bagi pasukan dan memelihara keledai yang digunakan untuk membawa pasukan di pegunungan. Perannya dalam bidang militer mampu memberikannya empat Medali Bronze Star dan Silver Star. Akan tetapi karirnya dalam bidang militer tidak berlangsung lama, ia diberhentikan dengan hormat pada bulan Oktober 1945.

Biografi Bill Bowerman 2

Setelah tugasnya dalam perang selesai, ia kembali mengajar dan melatih atletik di sekolah tinggi Medford. Setelah beberapa lama kemudian tepat pada tanggal 1 Juli 1948, ia pindah ke ke Eugene, Oregon, Amerika Serikat dan menjadi pelatih di University of Oregon. Ia melatih sepak bola di berbagai tim dari beberapa negara seperti Norwegia, Kanada, Australia, dan Amerika Serikat. Ia mendirikan tim atletik di negara Amerika yang beranggotakan Phill Knight yang kemudian akan menjadi parner dalam mendirikan perusahaan Nike dan Geoff Hollister tahun 1977.

Biografi Bill Bowerman 1

Sebagai pelatih atletik, ia merasa tidak puas akan sepatu buatan asli negara Amerika Serikat karena dapat membuat kaki lecet setelah lari beberapa kilometer. Bill Bowerman kemudian bereksperimen untuk merancang sepatu dan menjadikan Knight sebagai bahan percobaannya. Disinilah awal terciptanya sepatu Nike. Knight merupakan parnernya dalam mendidirkan usaha tersebut dengan masing-masing menyetor modal USD500. Sebelum menciptakan Nike, ia terlebih dahulu menciptakan Blue Ribbon Sport dengan desain sol sepatu mirip dengan makanan wafel yang diterapkan pada sepatunya. Setelah beberapa lama kemudian ia terus memperbaiki sepatu yang dibuatnya dan terciptalah sepatu Nike. Sepatu merek Nike ini dibuatnya karena terinspirasi kue wafel buatan istrinya.

Loading...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

two + three =