Profil & Biografi Nikolaus Otto

Loading...

Nikolaus August Otto yang kerap dikenal dengan nama Nikolaus Otto yang merupakan seorang penemu mesin motor dengan empat langkah jenis pembakaran. Ia lahir pada tanggal 14 Juni 1832 di Holzhausen an der Haide, Jerman. Nikolaus adalah salah satu tokoh ilmuan yang sangat mempengaruhi perkembangan dunia dan merupakan orang yang paling berjasa atas kemajuan teknologi pada masa era modern seperti saat ini. Mesin yang berhasil diciptakannya ini adalah mesin yang digunakan pada setiap mobil saat ini.

Biografi Nikolaus Otto 2

Ia adalah anak dari keluarga yang sangat miskin, orang tuanya meninggal dunia disaat ia masih duduk di bangku sekolah. Karena tidak mempunyai biaya untuk dapat membayar pendidikan sekolahnya, ia kemudian memutuskan untuk mencari pekerjaan di usianya yang ke 16 tahun. Ia sudah merasakan berbagai macam jenis pekerjaan bermula dari menjadi pedagang keliling, penjaga toko makanan, dan klerek di Frankfurt. Akan tetapi, ambisinya dalam hal teknologi membuatnya tidak mudah menyerah. Setelah melihat penemuan dari Etienner enoir yaitu mesin pembakar pertama yang dapat bergerak pada tahun 1862 membuatnya semakin ingin terjun kesana.

Biografi Nikolaus Otto

Ia kemudian berfikir untuk menemukan beberapa cara yang lebih praktis dari penemuan mesin yang dilakukan oleh Lenoir. Nikolaus menganggap bahwa mesin karya Lenoir ini masih terdapat banyak kekurangan atau kelemahan dalam hal pembuangan gas. Menurutnya, mesin itu harus ada bahan bakar cair yang dapat mempermudahkan orang yang hendak memakai mesin itu. Disinilah ia kemudian melakukan eksperimen pertamanya dengan membuat alat yang disebut sebagai karburator. Namun, ciptaannya ini ditolak karena alat yang dibuatnya serupa dengan alat milik orang lain.

Namun, hal itu tidak membuat Nikolaus menyerah begitu saja, hal ini terbukti atas idenya untuk membuat penemuan mesin dasar empat dorongan putaran. Penemuan ini satu tingkat diatas penemuan milik Lenoir. Akan tetapi, saat rancangan dan membuat penemuan ini mengalami kesulitan yang cukup menghambat untuk dapat mempraktiskan mesin itu yang kemudian membuatnya memutuskan untuk meninggalkan idenya itu. Setelah mengalami kegagalan, ia beralih untuk dapat mengembangkan mesin udara.

Biografi Nikolaus Otto 1

Mesin udara ini sebagai bentuk penyempurnaan dari mesin dua dorongan. Setelah ia berhasil mematenkan hasil karyanya pada tahun 1863. Setelah beberpa tahun kemudian, mesin itu berhasil mendapatkan medali dalam World Fair di Paris. Mesin ini yang membuat Nikolaus menghasilkan banyak uang. Ia kemudian merekrut Gottlieb Daimler untuk dapat mengatur manajem produksi dari mesin ini. Perpaduan antara orang-orang yang cukup pintar membuat produksi mesin ini menghasilkan banyak uang. Pada bulan Mei 1876, penemuan mesin empat dorongan berhasil dibuat dan setalah satu tahun kemudian penemuan atas mesin ini diterima dan sangat laris di pasaran.

Setelah berhasil melakukan penelitian dan menemukan beberapa mesin yang sangat berfungsi dalam kehidupan manusia membuatnya menjadi sangat terkenal dan menjadi kaya raya. Selain itu, perusahaan milik Nikolaus pun terus berkembang pesat. Pada tanggal 26 Januari 1891, ia meninggal dunia di Cologner, Jerman dan meninggalkan warisan yang sangat besar dalam dunia otomotif sekarang ini.

Loading...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

three × 3 =