Profil & Biografi Pythagoras

Loading...

Pythagoras adalah salah satu tokoh matematika yang sampai saat ini namanya masih disebut-sebut dalam sebuah rumus matematika. Ia lahir pada tahun 570 Sebelum Masehi di Samon Aegea Utara Yunani. Ia adalah salah satu tokoh yang sangat mempengaruhi dunia pendidikan matematika di dunia sampai saat ini. Hal ini berkat jasa dan kepintarannya dalam menemukan teorema pythagoras dalam segitiga dalam pelajaran matematika.

Biografi Pythagoras

Pythagoras terlahir dari pasangan suami istri yang merupakan seorang pedagang. Ayah Pythagoras bernama Mnesarchus dan ibunya bernama Pythais. Ia adalah sosok pria yang sangat dikenal akan semangat dan rasa optimisme yang ada di dalam dirinya untuk dapat memperoleh pendidikan yang sangat baik. Hal ini terbukti dari berbagai usaha yang dilakukannya untuk dapat belajar dengan Thales dan Pherekydes. Pada tahun 5533 ia rela pergi merantau ke Negara Mesir agar bisa menuntut ilmu pengetahuan.

Saat melakukan perantauan, Pythagoras banyak belajar dari para ilmuan yang ada di Mesir mengenai ilmu logistik, astronomi dan geometri. Setelah melakukan perjalanan yang cukup panjang, ia kemudian memutuskan untuk kembali ke negara kelahirannya pada tahun 520 SM. Akan tetapi, niatnya untuk kembali ke negara asalnya tidak bisa berlangsung karena ia memutuskan untuk pergi ke Croton Italia pada tahun 518 SM untuk mendirikan sekolah disana.

Biografi Pythagoras 2

Saat berada di sini, Pythagoras mendapatkan sambutan yang sangat baik oleh masyarakat yang ada disana dan terdapat banyak murid yang ingin ikut dalam pendidikan yang diajarkan oleh Pythagoras. Selama hidupnya, ia banyak menghabiskan masa hidupnya dengan menjadi seorang guru dan menyebarkan pemikirannya. Ia dan muridnya mengatakan bahwa semua sesuatu yang ada di dunia ini sangat berhubungan dengan matematika dan semua hal dapat diprediksikan atau diukur melalui siklus beritme. Fungsi dan keindahan dari matematika ini disebabkan oleh semua fenomena alam yang dinyatakan dalam bilangan atau perbandingan.

Biografi Pythagoras 1

Pythagoras sangat dikenal akan pengetahuannya tentang geografi, astronomi dan terutama tentang segitiga siku-siku yang dikenal dengan nama Teorema Pythagoras. Dimana dalam teori itu mengatakan bahwa kuadrat hipotenusa dari segitiga siku-siku sama dengan jumlah kuadrat dari kedua sisi lainnya. Ia mengatakan bahwa angka bukanlah unsur yang dapat dipercaya sebagai unsur benda. Pada dasarnya, ia menganggap bahwa pandangan dari Anaximandros hampir menyerupai pandangannya. Fakta akan teori ini sudah ada sejak dulu bahkan sebelum lahirnya Pythagoras. Namun, hanya Pythagoras yang berhasil membuktikan penelitian atas teorema ini sehingga membuat teorema ini di hak patenkan atas nama Pythagoras.

Pada tahun 513 SM, Pythagoras memutuskan untuk pergi ke Delos untuk dapat mengurus gurunya yang sedang sakit sehingga membuatnya hidup menetap disana sampai akhir hayatnya.

Loading...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

17 − sixteen =