Profil & Biografi Al Khawarizmi

Loading...

Seorang penemu Aljabar dan Angka Nol adalah Al Khawarizmi. Ia adalah seorang ahli dalam bidang astronomi, geografi, astrologi dan matematika yang berasal dari Persia yang lahir sekitar tahun 780 di Khwarizm. Selama masa hidupnya, ia bekerja sebagai dosen di sekolah Baghdad. Bakat dan pengetahuannya dalam bidang matematika diabadikannya dalam bentuk buku pertamanya yang berjudul Al-Jabar. Buku ini membahas tentang solusi sistematik linier dan notasi kuadrat.

Biografi Al Khawarizmi 1

Ia telah menciptakan dan memakai Secan dan Tangen dalam penyelidikan astronomi dan trigonometri. Pada usianya yang terbilang masih muda, ia berhasil bekerja di bawah pemerintahan Khalifah al-Ma’mun. Ia bekerja di sebuah observatory yang merupakan tempat belajar astronomi dan matematika. Berkat kemapuan yang dimilikinya itu, ia dipercaya untuk memimpin perpustakaan khalifah. Selain itu, ia juga memperkenalkan angka India dan cara perhitungan India di dunia Islam.

Biografi Al Khawarizmi

Selain matematika, ia juga terkenal akan ilmu astronomi yang dimilikinya. Berkat kemampuannya ini membuat dirinya menjadi salah satu orang yang sangat mempengaruhi pendidikan di dunia. Ia dikenal akan kepribadiannya yang teguh dan merupakan salah satu orang yang mengabadikan hidupnya dalam dunia sains dan matematika. Selain memperkenalkan trigonometri secan dan tangen, Al Khawarizmi juga memperkenalkan kalender Yahudi dan beberapa karya lainnya.

FOT1154627

Buku pertamanya yang berjudul Aljabar ini disebut juga sebagai Kitab yang merangkum perhitungan pelengkapan dan penyeimbangan yang diciptakannya ini adalah salah satu buku matematika yang ia tulis pada tahun 830 M. Dalam buku ini banyak merangkum definisi aljabar yang diterjemahkan dalam bahasa latin yang dikenal Liber algebrae et almucabala oleh Gerardus dan Robert’. Dalam buku ini dijelaskan tentang persamaan liner dan persamaan kuadrat dengan menyederhanakan persamaan dimana b dan c adalah bilangan bulat positif, dimana salah satu persamaan yang ditulisnya adalah persamaan kuadrat dan konstanta sama dengan akar (ax2 + c = bx). Dalam buku ini dijelaskan bahwa aljabar adalah proses memindahkan unit negatif, kuadrat dan akar dari notasi dengan menggunakan nilai yang sama.

Setelah berhasil merilis buku pertamanya, ia kemudian merilis beberapa buku lanjutan dimana buku keduanya berjudul Dixit algorizmi, Rekonstruksi Planetarium, Astronomi, Kalender Yahudi, dan beberapa karya ilmiah lainnya. Dalam bukunya yang berjudul Rekonstruksi Planetarium, berisi tentang daftar bujur dan lintang yang termasuk dalam zona cuaca yang mempengaruhi lintang dan bujur terhadap cuaca. Paul Gallez mengatakan bahwa isi dari buku ini sangat bermanfaat untuk dapat menentukan posisi dalam kondisi yang sangat buruk. Sedangkan beberapa buku lanjutannya adalah membahas tentang penggunaan dan perakitan astrolab, akan tetapi kedua buku ini hilang. Setelah beberapa lama kemudian, ia meninggal dunia pada tahun 850 di Baghdad.

Loading...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

one × five =