Profil & Biografi Blaise Pascal

Loading...

Blaise Pascal adalah seorang penemu hukum Pascal yang lahir pada tanggal 19 Juni 1623 di Clermont-Ferrand, Perancis. Ia sangat ahli dalam bidang fisikawan, penulis, matematika, penemu dan seorang filsuf Kristen yang berkebangsaan Perancis. Ia lahir pada tanggal 19 Juni 1623 di Clermont-Ferrand, Perancis. Pada mulanya, ilmuan ini hanya berminat dalam hal agama dan filsafat. Sedangkan hobinya adalah geometri proyektif dan matematika.

Biografi Blaise Pascal 2

Sejak kecil, ia sangat dikenal sebagai anak yang sangat cerdas. Kecerdasan yang dimilikinya itu berhasil didapatkannya walaupun ia tidak menempuh pendidikannya di sekolah yang resmi. Saat ia menginjak usianya yang ke 12 tahun, Blaise sudah berhasil menciptakan sebuah mesin hitung yang dibuatnya agar bisa membantu pekerjaan ayahnya. Ia adalah putra dari Etienne Pascal yang merupakan seorang petugas penarik pajak, sedangkan ibunya meninggal dunia ketika ia berusia empat tahun. Tidak hanya berhenti di alat hitung itu saja, ia terus membuat berbagai karya lainnya yang membuat nama Blaise menjadi sangat terkenal.

Biografi Blaise Pascal

Penemuan lain yang dibuatnya adalah dengan merancang bangunan segienam (hexagram), sistem kerja alroji, menemukan prinsip dari kerja barometer serta ikut terlibat dalam pembuatan sistem transportasi bawah tanah yang ada di kota Paris. Saat usianya 19 tahun, ia mengawali penemuannya dengan membuat percobaan mesin hitung. Proses ini berlangsung selama tiga tahun lamanya, hasil dari usahanya itu berhasil menghasilkan lima puluh prototipe dengan menemukan kalkulator mekanik. Setelah beberapa lama kemudian, kalkulator yang dibuatnya terus mengalami perbaikan sehingga membuatnya berhasil membangun 20 mesin hitung yang disebut sebagai kalkulator Pascal yang kemudian berganti nama menjadi Pascalines.

Biografi Blaise Pascal 1

Sebuah kalkulator mesin yang ditemukannya ini adalah sebuah alat mekanis yang dapat digunakan untuk bisa melakukan operasi dasar aritmatika tanpa perlu menghitungnya,. Alat ini akan secara otomatis menghitung semua angka yang diinginkan. Ukuran dari kalkulator ini sebanding dengan komputer desktop. Mesin ini dapat dioperasikan tanpa manusia harus menghitungnya, walaupun sukses menemukan kalkulator ini, ia tetap tidak berhasil untuk membuat kalkulator ini diproduksi.

Pada mulanya Pascal dikenal akan ketidakberminatannya terhadap semua hal yang berhubungan dengan agama. Setelah beberapa lama kemudian, tepat pada usianya yang ke 23 tahun ia mengalami suatu peristiwa yang membuatnya menjadi bertobat dan mendekatkan diri bersama dengan Tuhan. Sejak pertobatan itu, ia mengubah seluruh cara kehidupannya mulai dari lebih tekun dalam berdoa dan melaksakan ibadah puasa serta ikut bergabung dalam komunitas biara Port-Royal yang mempunyai aliran Jansenisme.

Selain itu, ia juga terkenal akan pendapat dan kritiknya terhadap beberapa ilmuan, salah satunya adalah Ordo Yesuit. Ia menulis kritiknya melalui beberapa tulisan yang dibuatnya pada tahun 1656 yang berjudul Lettres provincials. Dalam tulisannya itu, ia mengatakan bahwa ajaran Yesuit telah merendahkan nilai-nilai agama terutama dalam hal anugerah. Pada tanggal 9 Agustus 1662, ia meninggal dunia.

Loading...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

4 − 4 =