Profil & Biografi Wilhelm Conrad Rontgen

Loading...

Sinar Rontgen atau yang dikenal sebagai sinar x sangat berarti dalam dunia kedokteran adalah hasil karya atau ciptaan dari seorang penemu yang bernama Wihelm Conrad Rontgen. Ia lahir pada tanggal 27 Maret 1845 di Lennep, Prusia yang merupakan seorang fisikawan asal Jerman yang berhasil menerima penghargaan Nobel dalam ilmu Fisika atas penemuan sinar x yang dikenal sebagai permulaan munculnya fisika modern serta revolusi kedokteran diagnostik.
Biografi Wilhelm Conrad Rontgen 1

Saat bersekolah, ia termasuk salah satu siswa yang sangat pandai dalam dunia fisika dan kedokteran. Setelah menyelesaikan pendidikan sekolahnya, ia kemudian melanjutkan pendidikannya ke Universitas Zurich dengan mengambil jurusan kedokteran. Setelah belasan tahun lulus dari universitas itu, ia kemudian bekerja di universitas. Setelah beberapa lama kemudian, karirnya semakin cemerlang sehingga membuatnya menjadi seorang ilmuan yang dikenal akan kecerdasannya.

Biografi Wilhelm Conrad Rontgen

Pada tahun 1888, ia kemudian diangkat untuk menjadi mahaguru dalam bidang ilmu fisika dan sebagai direktur lembaga Fisika di Universitas Wurburg. Saat berada disinilah, ia kemudian membuat penemuan yang sangat penting dalam dunia kedokteran yang membuat namanya menjadi semakin dikenal oleh banyak orang. Pada tanggal 8 November 1895, ia melakukan prcobaan dengan menggunakan sinar cathode yang terdiri dari arus electron. Arus ini menggunakan voltase tinggi antara elektrode yang bisa ditempatkan di setiap ujung gas yang udara di dalamnya hampir kosong.

Dalam penelitian yang dilakukannya ini, ia berhasil menemukan cahaya yang memijar pada layar yang diletakkannya di dekat bangku saat ia menyalakan arus listrik di dalam tabung sinar cathode. Setelah mengetahui penemuannya itu, ia kemudian menyadari akan bentuk radiasi yang tidak dapat dilihat walaupun datang dari tabung ketika cahaya listrik yang dinyalakan. Hal inilah yang dianggap misterius dan menyebut ini sebagai radiasi sinar x, dimana x merupakan lambang matematika biasa.

Biografi Wilhelm Conrad Rontgen 2

Tergiur akan penemuannya, ia selalu menyisihkan sedikit waktu untuk melakukan penyelidikan terhadap penelitian yang ditemuinya itu. Setelah beberapa lama kemudian, ia berhasil melakukan pembuktian yang menyatakan bahwa sinar x bisa menerobos masuk melalui pelbagia benda yang tidak tembus oleh cahaya biasa serta sinar itu juga dapat menembus masuk ke dagingnya namun berhenti pada tulang. Ia juga mengatakan bahwa sinar x ini tidak terbelokkan oleh bidang magnet dan berjalan menurut garis lurus.

Pada bulan Desember 1895, ia menulis hasil penelitiannya mengenai sinar x melalui kertas kinerja pertamanya. Laporan dari hasil penemuannya itu berhasil mengundang banyak perhatian masyarakat. Serta dalam waktu yang singkat para penemuan lain melakukan penyelidikan terhadap sinar yang ditemui oleh Wilhelm. Setelah para peneliti berhasil mengetahui dan menyelidiki tentang sinar yang ditemukan oleh Wilhelm, sinar ini kemudian digunakan dalam pengobatan dan sebagai radioterapi. Sinar ini dipercaya dapat menghancurkan berbagai tumor ganas dan dapat mencegah pertumbuhannya.

Loading...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

5 × 2 =