Profil & Biografi Alexander Fleming

Loading...

Alexander Fleming sangat dikenal atas penemuan obat antibiotik yang bisa mengobati berbagai jenis infeksi yang diberi nama penicilin. Pria pintar ini lahir pada tanggal 06 Agustus 1881 di Lochfield, Ayrshire, Skotlandia. Alexander adalah salah satu dokter tentara di perang dunia I dan lebih menyukai penyelidikan tentang imunitas tubuh semua orang. Dia beranggapan bahwa ada banyak sekali antiseptik yang lebih bekerja untuk merusak sel tubuh manusia dari pada merusak kuman yang ada di dalam tubuh manusia.

Biografi Alexander Fleming 2

Alexander kecil lebih menyukai dunia kesehatan, ia adalah anak ketiga dari empat bersaudara dari pasangan suami istri bernama Grace Stirling Morton yang merupakan ibunya dan ayahnya bernama Hugh Fleming. Ayah Alex meninggal ketika usianya masih tujuh tahun, dan pertama kali mengenyam pendidikan di sekolah Loudoun Moor School dan melanjutkan pendidikannya ke Darvel School. Setelah lulus, ia berhasil mendapatkan beasiswa selama beberapa tahun di Kilmarnock Academy. Akan tetapi, setelah beberapa lama kemudian ia pindah ke London. Di negara London, Alex melanjutkan pendidikannya di the Royal Polytechnic Institution. Ia menyelesaikan pendidikannya sambil bekerja di kantor pelayaran. Setelah beberapa lama kemudian, ia kemudian melanjutkan pendidikannya ke sekolah medis di St Mary’s Hospital Medical School di Paddington.

Biografi Alexander Fleming 1

Setelah menyelesaikan pendidikannya di sekolah rumah sakit, Alex kemudian menceburkan dirinya dalam penyelidikan imunitas. Ia mengatakan bahwa manusia sangat membutuhkan antibiotik yang dapat membunuh bakteri di dalam tubuh manusia dan tidak berbahaya, bahkan merusak sel yang ada di dalam tubuh manusia. Pada tahun 1928, ia berhasil mengembangbiakkan bakteri staphylococcus, serta membiarkan bakteri itu terbuka di alam bebas dan membiarkannya menjadi busuk dan kotor. Dalam penemuannya itu, ia mendapatkan bakteri yang berubah menjadi cair.

Biografi Alexander Fleming

Setelah melakukan penelitiannya, ia menemukan bahwa pembusukan yang terjadi dapat menghasilkan sesuatu yang beracun terhadap bakteri itu dan kemudian mengatakan pertumbuhan itu termasuk bakteri yang sangat berbahaya. Penemuan yang dilakukannya itu diberi nama penicilin yang sesudah terjadi pembusukan namanya Penicillium notatum. Penemuan Alex diumumkan ke masyarakat pada tahun 1929, ia mengatakan bahwa penicilin yang ditemukannya itu mempunyai arti yang sangat penting bagi pengobatan manusia. Namun, berita tentang penemuan yang dilakukannya itu tidak menarik perhatian banyak orang dan Alex tidak bisa mengembangkan teknik yang dapat memurnikan penicilin sehingga membuat penelitiannya itu terlantar kurang lebih sepuluh tahun lamanya.

Pada tahun 1930, ada dua penyelidik kedokteran asal Inggris bernama Howard Walter Florey dan Ernst Boris Chain. Mereka berdua kemudian mengembangkan penemuan dari Alex dan melakukan percobaan terhadap binatang dan manusia. Atas percobaan yang dilakukannya, penicilin berhasil merebut hati semua orang karena memberikan hasil yang sangat baik dalam pengobatan manusia. Sehingga membuat penicilin yang awalnya hanya digunakan untuk pengobatan korban perang, kini juga digunakan untuk masyarakat sipil yang ada di di Inggris dan Amerika.

Penggunaan obat ini sudah menyebar luas ke seluruh dunia dan dikenal sebagai obat ajaib. Obat ini mampu menyembuhkan berbagai macam penyakit di dunia, salah satunya adalah penyakit sipilis. Kedua dokter itu mengatakan bahwa semua penemuan yang dilakukan oleh mereka adalah berkat penicilin yang ditemukan oleh Alex.

Berkat dari pengakuan kedua dokter itu dan hasil penemuan mereka tentang pengobatan yang berguna untuk manusia, Alex mendapatkan hadiah nobel atas jasa penemuannya dan membagikan hadiah itu dengan kedua dokter yang membantu penyempurnaan penicilin. Pada tanggal 11 Maret 1955, Alex meninggal dunia karena serangan jantung.

Loading...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

5 × two =