Profil & Biografi Alfred Russel Wallace

Loading...

Alfred Russel Wallace lahir pada tanggal 8 Januari 1823 di Lanbadoc, Monmouthshire, Wales. Ia sangat terkenal akan teori evolusi yang diungkapkannya melalui seleksi alam. Makalah mengenai subjek yang ditemukannya itu diterbitkan bersama dengan beberapa tulisan lainnya, salah satunya adalah Charles Darwin. Ia banyak melakukan berbagai macam penelitian lapangan, dan mengidentifikasi atas pembagian fauna yang sekarang dikenal dengan istilah Garis Wallance.Biografi Alfred Russel Wallace 1

Alfred Russel Wallace atau Alfred Wallace adalah anak ketujuh dari sembilan bersaudara dari pasangan suami istri bernama Thomas Vere Wallace dan Mary Anne Greenell. Ketika usianya menginjak lima tahun, Alex dan keluarganya pindah ke Hertford dan mengenyam pendidikan pertama kali di Hertford Grammar School. Akan tetapi, karena masalah keuangan Alfred keluar dari sekolah itu tepat pada usianya yang ke 14 tahun. Alfred kemudian pindah ke London dan bekerja bersama dengan kakaknya sebagai pembangun.

Biografi Alfred Russel Wallace

Saat berada di London, ia banyak menghadiri ceramah dan membanyak berbagai macam buku di London Mechanics Institute. Setelah beberapa lama kemudian ia memilih untuk melakukan perjalanan yang cukup panjang. Akan tetapi perjalanan yang dilakukannya itu tidak berjalan dengan baik, perjalanan banyak mendapatkan kontroversi tentang negara kelahiran Alfred. Banyak orang beranggapan Alfred adalah orang Inggris yang lahir di Wales. Setelah beberapa lama kemudian, ia bekerja sebagai insinyur sipil di suatu perusahaan yang sedang melakukan survei proposal jalan kereta api. Disana ia banyak melakukan berbagai macam bangunan untuk Mechanics’ Institutes di Neath.

Biografi Alfred Russel Wallace 2

Atas kerja kerasnya, pendiri dari institut itu meminta Alfred untuk melanjutkan pendidikannya di sana dan mengambil mata kuliah sains dan teknik. Karena terinpirasi atas perjalanan para nutaralis, ia kemudian memutuskan untuk bepergian ke luar negri untuk menjalankan perjalanan sebagai naturalis. Ia memutuskan untuk pergi ke Brasil dan melakukan penelitian dan pemetaan bersama Bates. Ia banyak menghabiskan waktunya dalam melakukan pemetaan dan mengumpulkan berbagai macam spesimen serta membuat catatan tentang berbagai hal. Akan tetapi, ada satu masalah yang timbul saat melakukan perjalanan di laut. Kargo kapal yang dinaikinya itu terbakar, semua spesimen yang ada di dalam kapal itu ikut terbakar dan hanya berhasil menyelamatkan beberapa catatan dan sketsa pensil.

Setelah kembali ke London, Alfred berhasil menulis enam makalah akademik dan kemudian kembali melakukan di kepulauan Melayu atau Hindia Timur. Atas perjalan yang dilakukannya ini, Alfred berhasil mempertajam pemikirannya tentang evolusi yang didapatkannya melalui seleksi alam. Artikel yang dibuatnya itu dikirimkan ke Darwin pada tahun 1858 yang kemudian artikel itu diterbitkan bersama dengan penjelasan teori Darwin dengan judul ‘The Malay Archipelago’. Buku ini berhasil merebut hati banyak orang dan menjadi salah satu buku paling populer di seluruh dunia.

Pada tahun 1862, Alfred kemudian memutuskan untuk kembali ke Inggris, disana ia mengelola dan melakukan ceramah mengenai petualangan yang dilakukannya di berbagai komunitas ilmu pengetahuan. Disana, ia melakukan pembahasan di berbagai topik bersama Darwin. Ia menjalin hubungan kekasih dengan temannya dalam permainan catur yang bernama Miss L yang merupakan putri dari Lewis Leslie dan sempat bertunangan. Namun, hubungannya tidak berjalan dengan baik mereka berpisah dan membuat Alfred sangat kecewa. Ia kemudian memutuskan untuk menikah dengan Annie Mitten di tahun 1866, dari pernikahan ini ia memperoleh tiga orang anak. Setelah menikah ia melakukan aktivisme sosial dan melanjutkan karya ilmiahnya. Alfred meninggal dunia pada tanggal 7 November 1913 dan dimakamkan di pemakaman kecil di Broadstone, Dorset.

Loading...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

15 − 5 =