Profil & Biografi Benito Mussolini

Loading...

Benito Amilcare Andrea Mussolini atau yang dikenal dengan nama Benito Mussolini adalah seorang politisi yang berasal dari Italia dan merupakan seorang pemimpin dari Partai Fasis Nasional. Ia lahir pada tanggal 29 Juli 1883 di Predappio, Forlì, Emilia-Romagna. Selain itu, Ia juga seorang diktator Italia selama periode 1922-1943. Selama masa jabatannya, ia mengalami berbagai macam pasang surut yang tidak muda untuk dilewati. Banyak masalah dan musuh yang menyerangnya selama ia menjabat sebagai pemimpin.

Biografi Benito Mussolini 1

Benito adalah anak dari pasangan suami istri yang bernama Alessandro yang merupakan nama ayahnya dan seorang pandai besi sedangkan ibunya bernama Rosa yang berprofesi sebagai guru sekolah. Pada usianya yang ke 19 tahun, ia memutuskan untuk pergi berimigrasi ke Swiss. Akan tetapi, karena disana ia kesulitan dalam mencari pekerjaan, Benito memutuskan untuk pindah ke Italia. Setelah itu ia pindah ke Australia dan bergabung dengan surat kabar Austria di kota Trento pada tahun 1908.

Biografi Benito Mussolini

Setelah keluar dari perusahaan itu, ia kemudian menjadi seorang editor sebuah koran sosialis yang berjudul la Lotta di Class. Selama menjadi sebuah editor, rasa antusiasme terhadap Karl Heinrich Marx pada tahun 1910 semakin besar, sehingga membuatnya menjabat sebagai sekretaris partai sosialis tingkat daerah di Forlì yang kemudian berkembang menjadi antipatriot. Saat Italia memutuskan untuk melakukan perang dengan Kerajaan Ottomon pada tahun 1911, Benito dipenjara karena alasan propaganda perdamaiannya. Setelah ditangkap, Benito kemudian diisolasi dan dua tahun kemudian ia dieksekusi di Como, Italia Utara.

Biografi Benito Mussolini 2

Setelah beberapa lama kemudian, ia pindah ke Milan untuk membangun dirinya sebagai kekuatan yang sangat berpangaruh atas para pemimpin buruh sosialis yang ada di Italia. Inilah yang akan menjadi awal dari gerakan fasis. Pada tahun 1919, fasis menjadi suatu gerakan politik berbaju hitam yang sangat dikenal dengan perkumpulan kriminal, preman, dan penjahat. Setelah beberapa lama kemudian, ia ikut dalam pemilihan umum tahun 1919, akan tetapi ia tidak terpilih dalam pemilihan umum itu. Setelah gagal, ia kemudian mengembangkan paham kelompok yang menolak parlemen dan lebih mengedepankan kekerasan fisik.

Raja Vittorio Emanuele III menciut karena melihat rombongan preman yang berwajah seram dan angker memasuki Roma. Karena alasan itu, Benito kemudian dipanggil oleh raja dan diberi kedudukan sebagai pemimpin. Hal inilah yang membuat pada bulan oktober 1922, Raja meminta Benito untuk membentuk pemerintahan baru di Italia. Setelah berhasil memegang kekuasaan, gerakan pertama yang dilakukakannya adalah menyerang Ethiopia yang merujuk dalam pandangan rasis Charles Robert Darwin. Pada tahun 1937, ia bersama temannya yang bernama Adolf Hitler membuat aliansi yang dapat menyeret negara Italia turut ikut dalam perang dunia II. Akan tetapi, pasukan dari negara Italia mengalami kekalahan dan diserbu oleh pasukan Britania Raya dan Amerika Serikat. Hal inilah yang membuat Benito diturunkan dari jabatannya dan ditahan di Campo Imperatore.

Setelah beberapa lama ditahan, ia kemudian berhasil dibebaskan oleh pasukan Jerman dan kembali berkuasa di Italia Utara. Disini ia hanya menjadi pemimpin boneka, karena pemimpin sebenarnya adalah orang Nazi Jerman. Setelah Fasis Italia berhasil dikalahkan, ia dan istrinya kemudian ditembak mati oleh kelompok perlawan Italia dan jenazah mereka digantung terbalik serta dipertontonkan ke publik di pompa bensin di Piazza Loreto, Milan.

Loading...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

17 + 5 =