Profil & Biografi Alessandro Volta

Loading...

Alessandro Volta yang bernama lengkap Alessandro Giuseppe Antonio Anastasio Gerolamo Umberto Volta lahir pada tanggal 18 Februari 1745 di Como, Tanah Mili Duke Milan. Pria ini adalah seorang fisikawan asal Italia yang terkenal akan penemuannya dalam mengembangkan baterai pada tahun 1800. Selain itu, ia juga terkenal akan teorinya yaitu Teori Galveni yang berarti efek kejutan kaki kodok.

Biografi Alessandro Volta 1

Penemu satu ini terlahir dari keluarga yang cukup berada, ayah Alessandro adalah seorang bangsawan yang sangat terkenal dan disegani oleh banyak orang di kota tempat ia tinggal. Keluarganya sangat menjunjung tinggi ilmu pengetahuan dan ilmu pendidikan sehingga membentuknya menjadi pria yang sangat menyukai ilmu pengetahuan seperti fisika. Saat kecil, ia termasuk anak yang banyak ketinggalan dari anak seusianya misalnya keterlambatan bicara hingga ia berumur 4 tahun yang pada umumnya anak-anak lain sudah pandai bicara saar berusia dua tahun.

Biografi Alessandro Volta

Saat ia berusia 7 tahun, Alessandro harus kehilangan ayahnya untuk selamanya. Hal ini menjadi permulaan berkembangnya kemampuan yang ada di dalam dirinya dan membuatnya mulai menyukai ilmu fisika. Saat ia berusia 14 tahun, Alessandro sudah menekuni dunia fisika yang berhubungan dengan listrik. Bakat dan kemampuannya semakin hari semakin bertambah dan berkembang pesat. Hal ini terbukti saat ia berusia 29 tahun, Alessandro melamar pekerjaan menjadi guru SMA yang ada di Como. Jenjang karirnya disana semakin lama semakin meningkat hingga ia berhasil menjadi kepala sekolah.

Di sela waktunya, ia memanfaatkan waktu yang ada untuk membuat eksperimen yang membuahkan hasil pertamanya yaitu mengenaik Electrophorus yang merupakan sebuah alat yang bisa menghasilkan listrik statis. Setelah berhasil, ia kemudian lebih menekuni dalam berekperimen dengan mempelajari atmosfer listrik statis dengan cara membakar bunga api. Saat ia berusia 32 tahun, Alessandro berhasil meraih gelar profesor fisika di University of Pavia. Saat berada disana ia bertemu dengan Luigi Galvani yang merupakan seorang fisikawan yang memberikan ide padanya untuk membuat baterai.

Biografi Alessandro Volta 2

Fisikan Luigi Galvani pernah mengatakan bahwa kaki katak mati bisa yang dikait tembaga dan tersentuh oleh besi dapat menghasilkan arus listrik. Namun, pernyataan itu di sanggah oleh Alessandro, ia mengatakan bahwa kaki katak mati tidak mungkin mengandung listrik, listrik yang bisa membuat kaki katak itu bergerak berasal dari perbedaan antara tegangan besi dan tembaga. Namun, ada beberapa orang yang tidak percaya akan teori yang dikemukakan oleh Alessandro sehingga membuat Alessandro harus membuktikan teorinya itu.

Selama membuktikan teori itu, ia mendapatkan kesimpulan bahwa listrik yang membuat kaki katak itu bergerak berasal dari logam. Setelah itu, ia membuat Baterai Volta yang dibuatnya dengan menggunakan tembaga dan seng yang dicelupkan ke dalam air garam dan kemudian dihubungkan tanpa bersinggungan. Hal inilah yang membuat teori yang dikatakannya itu adalah benar dan membuatnya menjadi seorang penemu baterai. Selain menemukan baterai, Alessandro juga menemukan beberapa penemuan lainnya, salah satunya adalah kondensator.

Berkat jasa-jasanya itu, Alessandro diberi beberapa penghargaan atas kerja kerasnya. Setelah menemukan cukup banyak penemuan penting, ia memutuskan unttuk pensiun sebagai penemu dan meninggal dunia pada tanggal 5 Maret 1827.

Loading...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

ten − 5 =