Profil & Biografi Antoni Van Leeuwenhoek

Loading...

Antoni Van Leeuwenhoek atau Antonie Philips van Leeuwenhoek lahir pada tada tanggal 24 Oktober 1632 di Delf, Belanda. Pria ini adalah seorang ilmuan Belanda yang berasal dari Delf. Anthony kerap disebut sebagai Bapak Biologi dan dianggap sebagai mikrobiologi pertama. Nama Antoni menjadi terkenal karena penemuannya atas pengembangan mikroskop dan kontribusi yang ia dirikan seperti mikrobiologi, serta menjadi orang pertama yang dapat mengamati dan mendeskripsikan organisme sel satu.

Biografi Antoni Van Leeuwenhoek 2

Ia terlahir dari kerluarga yang berprofesi sebagai pembuat keranjang. Ayah Antoni bernama Philips Antonysz van Leeuwenhoek yang meninggal dunia ketika ia berusia lima tahun sedangkan ibunya bernama Margaretha. Saat kecil, ia mengenyam pendidikan sekolah pertama kali di sekolah dekat Leyden. Setelah beberapa lama kemudian, ia dikirim ibunya untuk ikut dengan pamannya yang merupakan seorang petugas kota dan seorang pengacara.

Biografi Antoni Van Leeuwenhoek

Penemuannya yang cukup penting sampai saat ini adalah penemuan lensa optik. Pada awal mulanya ia sangat tertarik akan benda-benda kecil sehingga membuatnya melakukan kegiatan seperti menggosok lensa yang mempunyai ukuran kecil yang kemudian menjadi lensa optik. Pada masa itu, mikroskop sudah terlebih dahulu ditemukan oleh orang lain sebelum ia lahir. Namun Antoni membuat mikroskop yang pengamatannya jauh lebih baik dari mikroskop yang sudah ditemukan oleh orang sebelumnya.

Antoni berhasil dalam membuat lebih dari 500 lensa optikal dan membuat 25 mikroskop dengan jenis yang berbeda-beda dan yang mampu bertahan hanya sembilan mikroskop. Mikroskop yang dibuatnya terbuat dari frame tembaga atau perak dan lensa yang dibuat dengan menggunakan tangan. Lensa yang dibuatnya mampu memperbesar hingga 275 kali dan beberapa mikroskop lainnya mampu memperbesar hingga 500 kali.

Biografi Antoni Van Leeuwenhoek 1

Mikroskop yang dibuatnya adalah perangkat yang cukup kecil dan memiliki panjang sekitar 5 cm serta lensa yang ada tepat di depan mata. Sisi lain yang terdapat dalam mikroskop adalah sampel yang sudah terpasang agar tetap berada dekat dengan lensa, selain itu juga terdapat tiga sekrup yang memudahkan Anda untuk memindahkan sampel dan pin. Di dalam mikroskop terdapat tiga buah sumbu yang diantaranya adalah satu sumbu yang berfungsi untuk mengubah fokus dan sumbu lainnya berfungsi untuk menavigasi melalui sampel.

Selain menemukan mikroskop, ia juga menemukan penemuan lainnya, dua diantaranya adalah Spermatozoa pada tahun 1677 dan Banded Pattern of Muscular Fibers pada tahun 1682. Dalam kehidupan pribadinya, ia menikah dengan Barbara de Mey dan dikaruniai satu orang anak. Namun istrinya meninggal dunia pada tahun 1666 dan Antoni memutuskan untuk menikah dengan Cornelia Swalmius. Saat kondisinya yang sudah tidak begitu baik lagi, ia mengirim surat ke masyarakat dan lembaga ilmiah untuk memberitahu beberapa penemuannya dan beberapa surat terakhir berisi tentang penyakit yang dialaminya. Ia terserang penyakit yang terbilang sangat langkah yang dinamai Van Leeuwenhoek dan meninggal dunia pada tanggal 26 Agustus 1723.

Loading...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

2 × five =