Profil & Biografi Charles Goodyear

Loading...

Charles Goodyear adalah seorang penemu yang berkebangsaan Amerika Serikat. Ia lahir pada tanggal 23 Desember 1800 di New Haven, Connecticut yang terkenal akan temuannya tentang cara vulkanisasi karet atau lebih dkenal sebagai penemu ban karet pada tahun 1839. Atas temuan yang berhasil ditemuinya itu, ia kemudian mematenkan penemuan itu pada tahun 1844. Awalnya Charles adalah seorang mantan pedagang yang mengalami kebangkrutan dan sempat dipenjara karena terlilit banyak hutang.

Biografi Charles Goodyear

Ia adalah anak dari pasangan suami istri bernama Amasa Goodyear dan Cynthia Bateman Goodyear. Pada awal karirnya, ia adalah seorang pengusaha terkenal yang kemudian mengalami kebangkrutan dan terlilit banyak hutang dimana-mana. Atas kejadian yang dialaminya ini, Charles pernah ditahan dipenjara selama beberapa lama. Ia adalah pribadi yang tidak pantang menyerah walaupun sudah mengalami kegagalan yang membuatnya dipenjara.

Biografi Charles Goodyear 1

Hal ini dibuktikan pada tahun 1830, dimana pada saat itu banyak pengusaha memfokuskan diri pada usaha karet. Dengan kejadian yang ia alami pada saat itu membuatnya tidak ingin ketinggalan untuk tetap ikut menggeluti dunia karet yang pada saat itu sedang gencar. Pada zaman itu, karet adalah salah satu jenis bahan yang sangat bagus untuk dapat menjadi benda yang lebih berguna. Namun karet mempunyai beberapa hal yang tidak mengenakkan, diantaranya adalah mempunyai bau yang tidak sedap, terlalu lengket saat hangat dan mengeras saat dingin sehingga membuat karet terlihat tidak dapat digunakan.

Biografi Charles Goodyear 2

Melihat kejadian ini, ia memutuskan untuk mendirikan perusahaan kembali dengan berusaha keras untuk mengolah karet agar bisa menjadi benda yang berguna. Ia kemudian mengadakan penelitian dengan mencampurkan asam nitrat, magnesium oksida, kapur perekat, dan tepung perunggu namun tidak membuahkan hasil. Setelah beberapa lama mengalami kegagalan, ia kemudian menemukan cara vulkamisasi karet yang ditemukannya ketika membersihkan kedua tangan yang berlumuran bubuk.

Bubuk yang ada ditangannya ini kemudian terjatuh dan masuk ke sebuah tungku yang kemudian meleleh dan membuat suatu bahan yang mempunyai karakter seperti kulit yang elastis. Selain menemukan vulkanisasi karet, ia juga menemukan karet tahan cuaca yang kemudian membuat perabotan berbahan dasar karet. Namun sayangnya semua penemuannya itu terlebih dahulu dipatenkan oleh salah satu bisnisman asal Inggris. Setelah mengetahui kejadian itu, Charles kemudian menuntut ke pengadilan namun berakhir dengan kekalahan.

Ia menikah dengan Clarissa Beecher pada bulan Agustus 1824 dan dikaruniai 7 orang anak. Charles meninggal dunia pada tanggal 1 Juli 1860 saat melakukan perjalanan ke New York untuk melihat putrinya yang sedang sekarat. Saat diperjalanan, ia mendengar kabar anaknya meninggal dunia, hal inilah yang membuatnya shock dan setelah beberapa lama dirawat ia meninggal dunia dan dimakamkan di Grove Street Cemetery, New Haven.

Loading...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

twelve + two =