Profil & Biografi C. Marconi

Loading...

Guglielmo Marconi atau C. Marconi adalah seorang insinyur listrik yang berasal dari Italia yang berhasil meraih penghargaan nobel. Ia menjadi sangat terkenal setelah ia berhasil mengembangkan salah satu sistem telegrap tanpa menggunakan kabel yang dikenal dengan nama radio. Marconi membuat radio ini bersama dengan partnernya bernama Karl Braun pada tahun 1909. Marconi lahir pada tanggal 25 April 1874 di Palazzo Marescalchi, Bologna, Italia.

Biografi C. Marconi 1

Guglielmo Marconi adalah putra kedua dari pasanagan suami istri bernama Giuseppe Marconi yang merupakan seorang pria asal Italia yang kaya raya dan ibunya bernama Annie Jameson yang memiliki darah Irlandia. Marconi pertama kali mengenyam pendidikan melalui seorang guru privat dan kemudian melanjutkan pendidikannya di Livorno.

Setelah berhasil menyelesaikan pendidikannya di Livorno, ia membuat beberapa percobaan yang dilakukan oleh Heinrich Hertz pada tahun sebelumnya dan mampu mendemonstrasikan adanya gelombang elektromagnetik. Melalui gelombang elektromagnetik yang dapat dilihat melalui gerakan lewat udara dan dengan kecepatan suara ini menjadi mengundang ide diotaknya yang kemudian dimanfaatkannya untuk mengirim tanda yang menyediakan banyak kemungkinan dan berkembangnya komunikasi yang tidak bisa dijangkau oleh telegram.

Biografi C. Marconi

Setelah beberapa lama melakukan penelitian dan percobaan, ia kemudian berhasil memproduksi peralatan yang ia perlukan pada tahun 1895. Pada tahun selanjutnya, ia mempertunjukkan alat temuannya di negara Inggris dan berhasil memperoleh hak paten atas temuannya ini pada tahun 1900. Setelah berhasil menemukan temuannya ini, ia kemudian memutuskan untuk mendirikan sebuah perusahan.

Pada tahun 1899, ia berhasil mengirimkan berita tanpa harus melewati kawat penyebrangan Selat Inggris. Walaupun penemuannya itu sudah berhasil dibuat, ia terus memperbaiki dan melakukan penyempurnaan atas temuannya itu. Pada tahun 1901, Marconi berhasil mengirimkan berita melalui radio yang melintasi Samudera Atlantik dari Negara Inggris menuju ke Newfoundland.

Biografi C. Marconi 2

Makna penting atas temuannya ini digambarkan pada tahun 1909 saat kapal S.S Republic rusak karena mengalami kecelakaan tabrakan dan tenggelam ke dasar laut. Berita ini kemudian dilaporkan melalui radio dan sangat membantu untuk menyelamatkan para penumpang yang ada di dalam kapal itu. Pada tahun inilah, ia berhasil merebut penghargaan nobel atas penemuannya serta pada tahun berikutnya ia berhasil mengirimkan berita dari Irlandian ke Argentina dengan jarak sejauh 6000 mil.

Marconi terus melakukan penyempurnaan atas penemuannya itu dan melakukan beberapa percobaan lainnya seperti melakukan percobaan terhadap televisi. Namun ia mengalami kegagalan saat melakukan percobaan tersebut. Namun gelombang yang dihasilkan oleh radio inilah yang kemudian digunakan dalam melakukan percobaan pembuatan televisi. Pada tanggal 15 Juni 1927, ia menikah dengan Maria Cristina Bezzi-Scali dan memperoleh satu orang anak perempuan. Setelah beberapa lama kemudian, ia meninggal dunia tepat pada tanggal 20 Juli 1937 di Roma, Italia.

Loading...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

19 − 5 =