Profil & Biografi Christopher Sholes

Loading...

Christopher Latham Sholes atau Christoper Sholes adalah seorang penemuan yang sangat terkenal akan temuannya yaitu mesin ketik praktis dan keyboard QWERTY pertama kali yang masih digunakan sampai saat ini. Selain itu, ia juga terkenal akan profesinya sebagai seorang penerbit surat kabar dan politisi Wisconsin yang lahir pada tanggal 14 Februari 1819 di Mooresburg, Mentour County, Pennsylvania, United States.

Biografi Christopher Sholes 1

Christopher dibesarkan di Mooresburg, Mentour County, Pennsylvania, United States oleh kedua orang tuanya dengan didikan yang sangat baik sehingga membuatnya tumbuh menjadi pria yang mandiri. Saat ia menginjak remaja, Christopher memutuskan untuk pindah ke Danville, Pennsylvania. Disinilah, ia belajar tentang proses perdagangan printer dengan bekerja sebagai penjual printer. Namun, pada usianya yang ke 18 tahun, Christoper pindah ke Green Bay, Wisconsin dan bergabung bersama beberapa saudaranya.

Saat di Green Bay, Wisconsin ia menjadi seorang editor dan setelah beberapa lama kemudian ia pindah ke Kenosha, WI pada tahun 1845 untuk menjadi seorang editor dari penerbit Telegraph Southport selama belasan tahun lamanya. Selain itu, ia juga terjun ke dunia politik pada tahun 1848-1849, tahun 1856-1857, serta pada tahun 1852-1853 dengan menjabat sebagai postmaster dan kemudian menjabat sebagai komisaris kolektor pelabuhan serta sebagai pekerja umum.

Biografi Christopher Sholes

Sebelum menemukan mesin ketik, ia terlebih dahulu menemukan mesin penomoran halaman koran yang dibuatnya pada tahun 1864. Melalui mesin inilah, ia kemudian mengembangkan dan memperbaiki mesin ini sehingga menjadi mesin tik pertama pada tahun 1867. Dalam mengerjakan mesin ketik, ia dibantu oleh dua partnernya bernama Samuel W. Soules dan Carlos Glidden dan membuat hak paten atas temuannya ini pada tanggal 23 Juni 1868.

Selain penemuannya, ia juga dikenal akan usahanya yaitu tata letak mesin keyboard yang dikenal sebagai QWERTY. Pada awalnya, susunan dari keyboard yang dibuatnya ini bukanlah QWERTY. Namun, semakin lama ia terus memperbaiki susunan dari keyboard sehingga merubahnya menjadi QWERTY agar bisa menjadi susunan yang mempermudahkan Anda dalam mengetik. Susunan kata inilah yang kemudian digunakan sebagai input komputer dan diresmikan sebagai keyboard standar ISO.

Sebelum QWERTY, sebenarnya terdapat beberapa standar susunan keyboard yang dipakai seperti ASK yang merupakan singkatan dari American Simplified Keyboard dan pada umumnya disebut sebagai Dvoral yang sudah ditemukan oleh Dr. August Dvorak pada tahu 1940. Susunan ini menggunakan lima huruf vokal dan lima konsonan yang sering digunakan yaitu AOEUIDHTNS. Susunan ini memungkinkan Anda untuk mengetik dengan lebih efesien namun terkesan sangat lambat. Hal inilah yang membuat Christopher memilih untuk menggunakan susunan QWERTY.

Keyboard yang berhasil ditemukannya ini sudah merajalela dan terkenal di seluruh dunia hingga saat ini. Ia menghabiskan masa hidupnya dengan bekerja setelah pensiun dari Milwaukee dan kemudian meninggal dunia pada tanggal 17 Februari 1890 yang dimakamkan di pemakaman rumah hutan yang ada di Milwaukee.

Loading...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

12 − 2 =