Profil & Biografi Cornelius Van Drebbel

Loading...

Cornelius Van Drebbel lahir pada tahun 1572 di Alkmaar, negara Belanda dan merupakan seorang penemu kapal selam pertama kali dengan menggunakan desain yang dibuat oleh Leonardo da Vinci. Selain seorang penemu, ia adalah seorang seniman, insinyur yang sangat terkenal akan keahlian dan kepintaran yang ia miliki. Cornelius semakin terkenal ketika ia berhasil menemukan dan merancang kapal selam untuk pertama kalinya.

Biografi Cornelius Van Drebbel

Setelah berhasil menyelesaikan pendidikan sekolahnya di Alkmaar, Cornelius kemudian melanjutkan pendidikan sekolahnya di Haarlem yang terletak di Belanda bagian utara. Saat itu, guru akademiknya adalah seorang pemanah dan pelukis yang bernama Hendrick Goltzius. Disana, ia diajarkan dengan giat oleh gurunya sehingga menjadikannya seorang pemanah yang sangat terampil. Cornelius kemudian menikah dengan adik gurunya pada tahun 1595 yang bernama Sophia Jansdochter Goltzius dan dikaruniakan 4 orang anak.

Cornelius bersama dengan istri dan anak-anaknya memutuskan untuk pindah ke Middelburg. Saat berada disana, Cornelius bertemu dengan rekannya bernama Hans Lippershey yang merupakan salah satu konstruktor teleskop. Saat berada disana ia belajar grinding menggunakan optik dan lensa.

Biografi Cornelius Van Drebbel 2

Saat berada disana, Cornelius juga bekerja di pengadilan istana. Setelah Rudolf II meninggal dunia, ia bersama keluarga pindah ke London. Namun, setelah meninggalnya Henry yang sering melindunginya dalam berbagai macam hal, ia mengalami kesulitan dalam hal apapun terutama dalam hal keuangan. Dalam pembuatan kapal selam, ia hanya melihat sketsa yang dibuat oleh temannya dan kemudian mencoba untuk merealisasikan sketsa tersebut.

Dalam pembuatan kapal ia menggunakan prinsip yang mengatakan bahwa kapal bisa tenggelam jika tangki diisi oleh air dan jika kapal itu ingin dinaikkan kedaratan maka tangki air itu harus dikosongkan terlebih dahulu. Pada awal pembuatan kapal ia menggunakan hukum Archimedes dan kemudian memperbaruinya sehingga berbentuk susunan dua kapal perahu dan ditutupi oleh kulit binatang.

Biografi Cornelius Van Drebbel 1

Dalam kapal yang dibuatnya itu, ia membuat dayungan yang dibuat lebih rekat sehingga tidak memungkinkan untuk kemasukan air dan menggunakan sistem balas yang dibuat menggunakan besi agar perahu tidak mudah tenggelam. Selain dibungkus dengan menggunakan kulit, ia juga membungkus kayu dasar kapal dengan menggunakan bahan waterproof serta dayung yang dilapisi kulit. Cornelius juga menambahkan tabung udara yang menyediakan oksigen untuk keperluan pernafasan.

Ia melakukan perjalanan pertama dengan menggunakan kapal buatannya itu saat menyelami Sungai Thames bersama 12 pendayung lainnya. Dalam uji coba yang dilakukan, kapal buatannya itu berhasil menyelam dengan kedalaman 360-450 cm di bawah Sungai Thames, London selama 2-3 jam. Setelah berhasil membuat kapal selam pertamanya itu, ia membuat percobaan dengan membuat kapal selam yang mampu menampung 16 penumpang dan mampu berlayar hingga 12-15 kaki di bawah permukaan air.

Cornelius terus memperbaiki dan memperbarui kapal selam buatannya itu. Sehingga saat ini kapal selam buatannya itu digunakan untuk memenuhi tujuan militer terutama pada saat perang berlangsung. Hal ini bertolak belakang dengan tujuan utamanya yang tidak menginginkan kapal selam sebagai alat pembunuhan. Cornelius meninggal dunia pada tahun 1633.

Loading...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

7 + 15 =