Profil & Biografi Dmitri Mendeleev

Loading...

Dmitri Mandeleev lahir pada tanggal 8 Februari 1834 di Verkhnie Aremzyani, saat kekaisaran Rusia. Dmitri terkenal sebagai seorang ahli kimia yang sudah menciptakan tabel periodik berdasarkan dengan peningkatan bilangan atom. Bilangan atom ini sendiri mampu menunjukkan jumlah proton yang ada di dalam inti atom. Serta terkenal akan pernyataannya yang mengatakan bahwa jumlah proton sama dengan jumlah elektron yang mampu mengililingi atom bebas.

Biografi Dmitri Mendeleev

Ia adalah putra dari pasangan suami istri bernama Ivan Pavlovich Meendeleev yang merupakan ayahnya dan ibunya bernama Maria Dmitrievna Mendeleeva. Ayahnya Dmitri adalah seorang guru seni rupa, filsafat, politik namun ayahnya menjadi buta setelah beberapa lama kemudian yang membuat ayahnya kehilangan posisi sebagai pengajar, sedangkan ibunya adalah seorang pekerja keras yang tidak pantang menyerah.

Ia berhasil menemukan tabel periodik ketika ia menyiapkan buku pelajaran mahasiswanya dan kemudian menemukan pernyataan bahwa jika ia menata unsur menurut kenaikan massa atom, maka unsur itu akan muncul dengan selang secara berskala. Dalam penemuannya ini, ia berhasil menyelesaikan himpunan kimia Rusia pada awal tahun 1869. Namun, setahun setelah ia berhasil menemukan tabel periodik itu, ada salah satu kimiawan asal Jerman yang juga berhasil menyelesaikan tabel yang sama.

Biografi Dmitri Mendeleev 2

Walaupun ada seseorang yang berhasil menyelesaikan tabel itu, Dmitri dianggap sebagai penemu dari daftar berkala itu karena dianggap penemu pertama dari table periodik. Saat melakukan beberapa urutan mengenai unsur zat kimia dengan menyusun seperangkat kartu, dimana setiap kartu berisi tiap unsur dan sifat kimia dan menemukan hukum periodik ketika menyusun kartu itu yang disusun secara berurutan menurut tingkat massa atom.

Dalam tabel periodik, terdapat sedikit kelebihan dalam unsur tabel periodik yang sudah disusun seperti pada unsur baru skandium, galium dan germanium. Dalam tabel periodik yang dibuatnya itu, ia menyediakan ruang dimana tempat semua unsur dan memperkirakan beberapa massa serta sifat kimianya.

Biografi Dmitri Mendeleev 1

Pada tahun 1863, ia berhasil menemukan 56 unsur senyawa yang dikenal dengan elemen baru dan ditemukannya dengan cara peningkatan satu unsur per tahunnya. Sebelumnya para ilmuwan seperti John Newlands menggambarkan hukum oktaf yang mampu mencatat periodisitas sesuai dengan berat atom relatif pada tahun 1864. Usulan yang diberikan oleh ilmuwan ini dikritik dan inovasinya tidak diakui oleh Society of kimiawan sampai dengan tahun 1887.

Namun, terdapat usulan lain dari ilmuan lainnya yang menerbitkan sebuah makalah pada tahun 1864. Sebelumnya, ia tidak mengetahui bahwa para ilmuan lainnya sudah meneliti tabel periodik pada tahun 1860-an. Ia kemudian membuat tabel periodik dengan menambahkan elemen tambahan serta pola dan pengembangan dalam versi besar. Pada tanggal 6 Maret 1869, ia membuat presentasi kepada Rusia Chemical Society yang berjudul ketergantungan antara sifat bobot atom dari elemen yang menggambarkan tentang unsur baik mengenai valensi maupun berat atom. Dmitri meninggal dunia pada tanggal 2 Februari 1907 di St. Petersburg, kekaisaran Rusia.

Loading...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

thirteen + five =