Profil & Biografi Diophantus

Loading...

Diophantus adalah salah satu penemu yang sangat mempengaruhi dunia matematika sampai saat ini. Ia menjadi sangat terkenal ketika ia berhasil menemukan Arithmetica atau aljabar, atas temuannya inilah ia dikenal sebagai bapak aljabar. Diophantus adalah seorang matematikawan asal Yunani yang tinggal di Alexandria. Ia berprofesi sebagai penulis buku yang kemudian diberinya judul Arithmetica yang menjelaskan tentang pemecahan persamaan aljabar.

Biografi Diophantus

Diophantus adalah seorang yang mempunyai kepribadian tertutup sehingga membuat orang-orang jarang tahu tentang data mengenai jati diri atau kehidupan pribadinya. Ia tinggal di Alexandria, Mesir sekitar tahun 150 SM. Sudah banyak buku yang ia tulis mengenai ilmu matematika, namun hanya beberapa buku saja yang dapat dibaca. Sisa dari buku yang ia buat terbakar saat dilakukan penghancuran perpustakaan di Alexandria. Beberapa karya Diophantus ini berhasil diselamatkan bersamaan dengan teks bangsa Yunani yang terakhir kali diterjemahkan.

Biografi Diophantus 1

Salah satu karyanya yang berjudul Arithmetica berisi tentang pengembangan aljabar yang dapat dilakukan dengan membuat beberapa persamaan yang digunakan dalam ilmu matematika sampai saat ini. Di dalam buku ini dijelaskan tentang fungsi aljabar atau solusi terhadap persamaan aljabar yang terdapat 150 problem dan dilengkapi dengan contoh-contoh. Selain itu, disini juga dijelaskan tentang persamaan kuadrat yang mempunyai hasil dua akar bilangan positif yang tidak mengenal akan bilangan negatif ataupun positif.

Saat menyelesaikan buku Arithmetica itu ia mengalami berbagai macam kesulitan, namun ia berhasil menyelesaikan permasalahan-permasalahan itu. Walaupun, buku ini bukan buku mengenai pengertian lajabar, namun buku ini terdapat problem mengenai persamaan x² = 1 + 30y² dan x² = 1 + 26y² yang kemudian diubah menjadi persamaan Pell x² = 1 + py². Ia merupakan pemecah problem bukan orang yang menciptakan persamaan, hal inilah yang membuat buku karangan Diophantus berisi tentang berbagai macam problem mengenai aljabar dan aritmatika.

Semua karya Diophantus mempunyai pengaruh yang sangat besar dalam sejarah ilmu matematika, terutama dalam perkembangan aljabar di Eropa pada abad ke 16 sampai abad ke 17 dan 18. Karyanya mampu menciptakan dasar untuk aljabar. Karyanya tidak hanya mencakup tipe material tertentu saja, melainkan juga membentuk dasar aljabar modern. Ia mengembangkan konsep-konsep aljabar Babylonia dan merintis bentuk persamaan yang seringkali disebut dengan persamaan Diophantine.

Loading...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

2 × two =