Profil & Biografi Plato

Loading...

Plato adalah seorang pendiri dari akademi platonik yang berada di Athena dan merupakan penulis philosophical dialogues. Ia lahir sekitar tahun 427 SM di Athena yang berkebangsaan Yunani dengan menganut aliran seni, platonisme, literatur, retorika. Plato sangat terkenal akan berbagai macam gagasan penting yang selalu ia perbincangkan, diantaranya adalah realisme, metaxy, idealisme platonik, khora, dan masih banyak lagi.

Biografi Plato

Plato berasal dari keluarga dengan latar belakang aristokrasi secara turun temurun yang memegang politik penting mengenai politik Athena. Sejak kecil ia mempunyai cita-cita untuk dapat menjadi orang yang mempunyai jabatan di negara yang ia tinggali. Namun, kesempatan untuk bisa mewujudkan cita-cita yang ia inginkan tertutup rapat. Nama Plato diberikan oleh gurunya dengan alasan karena ia mempunyai bahu lebar yang tidak cocok dengan postur tubuhnya.

Biografi Plato 1

Ia adalah salah satu murid Socrates sehingga membuat pola pikirnya sama persis dengan pola pikiran gurunya itu. Sejak kecil, ia sudah sangat pandai membaca, menulis, serta menggambar. Ia juga sangat ahli dalam bermain musik, membuat dan membaca puisi. Hal inilah yang membuatnya tumbuh menjadi seorang penulis dan tidak heran jika tulisan yang ia buat sangat berguna untuk semua orang. Plato juga mendapatkan didikan mengenai pelajaran filosofi melalui gurunya yang bernama Kratylos yang dulunya merupakan muris dari Herakleitos.

Atas semua pendidikan yang sudah didapatkannya, Plato memutuskan untuk pergi ke Athena dan tinggal disana selama beberapa tahun dengan memperoleh beberapa dialog, salah satunya tentang masalah hidup. Ia kemudian pindah ke Kyrena untuk lebih mengoptimalkan ilmu pendidikannya mengenai matematika dengan guru bernama Theodoros, mengajar ilmu filosofi dan mengarang beberapa buku. Setelah beberapa lama, Plato pun pindah ke Italia dan tinggal di sebuah kerajaan.

Biografi Plato 2

Saat di dalam kerajaan, ia bertemu dengan ipar Radja Dionysios bernama Dion yang dijadikannya sebagai sahabat dekat. Disana ia melaksanakan teori mengenai pemerintahan yang baik dalam praktik. Namun, ajaran filosofinya itu lambat laun membuat jemu Dianysios karena ajarannya hanya terfokus pada pengertian moral saja. Pandangan lain yang tidak kalah terkenal adalah mengenai Dunia Indrawi yang diartikannya sebagai dunia hitam yang mencakup beberapa benda jasmani yang bisa dirasakan oleh panca indera.

Plato juga terkenal akan berbagai pandangan dan teorinya tidak kalah menarik perhatian banyak orang dua diantaranya adalah pandangan mengenai karya seni, keindahan, serta idenya. Plato juga memberikan beberapa sumbangan terhadap pengetahuan diantaranya adalah negara ideal, etik plato dan logika. Semua tulisannya menunjukkan bahwa ia bukan hanya seorang filosof yang menguasai folosofi grik, namun menunjukkan berbagai ilmu spesial yang ia ketahui dimasanya. Plato meninggal dunia sekitar tahun 347 sebelum masehi.

Loading...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

12 − 5 =