Profil & Biografi Rudolf Diesel

Loading...

Rudolf Diesel atau Rudolf Christian Karl Diesel lahir pada tanggal 18 Maret 1858 di Paris, Perancis yang merupakan seorang penemu Jerman dan terkenal akan termuannya yaitu mesin diesel atau yang sangat dikenal dengan nama mesin minyak. Ia mulai mengembangkan idenya dalam membuat sebuah mesin pemicu kompresi pada abad ke 19 dan menerima hak paten atas penemuannya itu pada tanggal 23 Februari 1893.

Biografi Rudolf Diesel 2

Rudolf terlahir dari keluarga Jerman yang berprofesi sebagai pengrajin kulit bernama Elise Diesel dan Theodor Diesel. Sejak kecil, Rudolf sangat terkenal sebagai anak yang sangat jenius berbeda dengan anak lain di usianya. Hal ini semakin terlihat dan terbukti ketika ia beranjak dewasa saat umurnya sedang menginjak 20 tahun. Pada saat itu, Rudolf berhasil menerima penghargaan medali perunggu dari Sosiete Pour L’Instruction Elementaire karena karya ilmiah yang sangat cemerlang pada saat itu.

Biografi Rudolf Diesel

Beberapa tahun kemudian, keluarganya pindah ke London, namun Rudolf memutuskan untuk pergi ke Augsburg untuk melanjutkan pendidikannya. Pada tahun 1872, ia sangat dikenal sebagai mekanik yang sangat handal dan sudah berhasil menyelesaikan pendidikan sekolahnya di Gewerbsschule dengan menjadi lulusan terbaik. Ia kemudian melanjutkan pendidikannya di Politeknik Kerajaan Bavaria Munchen. Namun sayangnya Rudolf tidak berhasil menyelesaikan ujian terakhir sebagai insinyur mesin. Setelah beberapa saat kemudian Rudolf menyelesaikan ujian terakhirnya dengan menjadi lulusan terbaik sampai saat ini.

Setelah lulus, ia menetap di Paris dan bekerja di sebuah cabang perusahaan mesin pembuat es. Kemudian, ia diangkat sebagai direktur pabrik dan bertemu dengan Heinrich Buz yang merupakan direktur permesinan Augsburger. Mereka berdua sepakat untuk dapat mengembangkan suatu sistem mesin pembuat es dan mendapatkan hak paten atas temuannya yang memproduksi klareis dalam botol.

Biografi Rudolf Diesel 1

Setelah sukses dalam perusahaan itu, ia kemudian memutuskan untuk mendirikan pabrik es di Paris dan mengembangkan mesin amoniak yang di kerjakannya. Perusahaan yang didirikannya ini semakin lama semakin berkembang pesat dan ia terus membuat berbagai penelitian yang berujung pada terbentuknya mesin diesel pertama di dunia pada tanggal 10 Agustus 1893, serta menerbitkan buku melalui penerbit bernama Springer, Berlin yang diberi judul Theory and Construction of A Rational Heat Engine for Substitution of the Steam Engines and that Today Admitted Combustion Engie.

Semakin hari, mesin itu menjadi salah satu mesin yang sangat membantu masyarakat disana, sehingga ia bekerja sama dengan beberapa pengusaha untuk menyebarluaskan mesin itu ke masyarakat sekitar. Namun, mesin yang diciptakan oleh Rudolf masih terdapat beberapa kekurangan yang disempurnakan oleh Ludwig Elsbett. Pada tanggal 29 September 1913, ia pergi ke Antwerp dengan menggunakan kapal. Ia dan rekannya beristirahat di dalam kapal itu. Namun keesokan harinya, Rudolf sudah tidak ditemukan lagi di dalam kamarnya, ia kemudian ditemukan disaat orang melihat jasadnya di dalam air laut dalam keadaan yang telah membusuk.

Loading...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

11 − one =