Profil & Biografi Emile Berliner

Loading...

Emile Berliner lahir pada tanggal 20 Mei 1851 di Hanover, Jerman. Ia adalah seorang penemu kelahiran Jerman dan terkenal akan pengembangan Record Disc Gramofon. Selain itu, ia juga mendirikan Berliner Gramophone Company tepat pada tahun 1895, The Gramophone Company yang terletak di London, Inggris pada tahun 1897 serta Deutsche Grammophon terletak di Hanover, Jerman pada tahun 1898 dan perusahan Barliner Gram o-phopne perusahaan Kana di Montreal pada tahun 1899.

Biografi Emile Berliner 2

Ia dibesarkan dari keluarga yang berprofesi sebagai pedagang Yahudi yang membuatnya kemudian menjadi seorang agnostik. Setelah menyelesaikan tradisi yang ada di keluarganya yaitu tradisi magang untuk bisa menjadi seorang pedagang. Pada tahun 1870, ia memutuskan untuk melakukan imigrasi ke Amerika Serikat dengan salah seorang teman ayahnya dan pindah ke New York untuk bekerja membersihkan botol dan melakukan daur ulangĀ kertas.

Disela waktunya, ia menyempatkan dirinya untuk belajar fisika pada malam hari bersama Cooper Union Institute. Setelah beberapa lama bekerja di Livery, Emile tertarik denganĀ audio baru yang merupakan pengembangan teknologi telpon dan piringan hitam, serta menemukan pemancar telepon untuk dapat memperbaiki salah satu mikrofon pertama. Atas penemuannya ini, ia mendapatkan hak paten yang menyatakan namanya, namun hak paten itu dibatalkan oleh pihak pengadilan.

Biografi Emile Berliner 1

Pada tahun 1877, ia memutuskan untuk pindah ke Boston dan bekerja untuk Bell Telephone sampai tahun 1883. Emile kemudian kembali ke Washington dengan membuktikan bahwa dirinya adalah seorang peneliti swasta. Ia menjadi warga negara Amerika Serikat pada tahun 1881. Emile mulai melakukan eksperimen dengan melakukan metode rekaman suara pada tahun 1886 dan mematenkan gramofon pada tahun 1887. Gramofon pertama menggunakan suara modulasi horisontal pada silinder yang dilapisi bahan resistansi rendah.

Bahan itu kemudian disalin oleh photoengraving pada silinder logam pemutaran mirip dengan metode yang dilakukan oleh mesin Edison. Emile terus melakukan penelitian dan menemukan cara untuk dapat memperbaiki temuannya itu, ia akhirnya menemukan cara sederhana untuk dapat merekam suara hanya menggunakan cakram tepat pada tahun 1888.

Biografi Emile Berliner

Setelah berhasil menemukan beberapa penemuannya, ia kemudian memasarkan teknologi untuk mainan perusahaan dan berharap dapat mengembangkan perangkat ini lebih dari sekedar mainan saja. Pada tahun 1827, Sir Charles Wheatstone berhasil mengembangkan mikrofon dan menjadi orang pertama yang membuat mikrofon frasa. Pada tahun 1876, ia kemudian menciptakan mikrofon pertama yang bisa digunakan sebagai pemancar suara telepon.

Mikrofon praktis yang ia ciptakan ini adalah mikrofon karbon yang ditemukan bulan Oktober 1876 oleh Thomas Alfa Edison. Tahun 1878 mikrofon karbon ditemukan oleh David Edward Hughes. Mikrofon itu terus diperbaiki dan diperbarui sampai tahun 1920. Emile meninggal dunia pada tanggal 3 Agustus 1929 karena menderita gangguan saraf dan serangan jantung.

Loading...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

fourteen + four =