Profil & Biografi Ernest Swinton

Loading...

Ernest Swinton atau Sir Ernest Dunlop Swinton adalah seorang penemu tank yang merupakan salah satu kendaraan lapis baja yang sudah dilengkapi dengan meriam atau peluru kendali sebagai senjata utama, serta roda dari tank ini terbuat dari penggerak telapak rantai besi. Tank adalah kendaraan lapis baja yang pada saat itu digunakan oleh para kalangan militer yang digunakan pada saat perang karena termasuk kendaraan anti peluru.

Biografi Ernest Swinton

Mayor Jenderal Sri Ernest Dunlop ini adalah seorang perwira angkatan darat yang berasal dari negara Inggris. Ia lahir pada tanggal 21 Oktober 1868 di Bangalore, India. Pada saat itu, ia ditugaskan oleh pemerintah Inggris untuk ikut bergabung dalam perang dunia pertama dengan tujuan untuk menjalankan tugas yang sudah diberikan kepadanya yaitu tugas dalam mempengaruhi pengembangan dan penggunaan tangki selama perang dunia pertama itu berlangsung.

Ernest sangat terkenal akan istilah atau pendapat yang diungkapkannya yaitu pendapatnya yang berisi “Tidak ada tanah manusia”. Ia hidup  pada keluarga yang berkecukupan sehingga membuatnya tidak terlalu sulit dalam menjalankan kehidupannya. Penemuan mengenai kendaraan lapis baja atau kendaraan tank ini berawal saat ia mendapatkan ide dalam membuat tangki pada tanggal 19 oktober 1914.

Biografi Ernest Swinton 1

Sebelum membuat tank, ia menerima kiriman surat dari temannya yang merupakan seorang insinyur asal Afrika Selatan. Dalam surat yang dikirim temannya itu berisi tentang Merrot yang menyuruh Ernest untuk pergi ke Afrika Selatan agar bisa membicarakan tentang traktor yang dilapisi dengan baja dan pastinya sangat berguna untuk perang.

Pada saat ia bergabung dalam perang dunia ke 1 sebagai koresponden perang tentara, Ernest melihat traktor milik Holt yang digunakan suntuk dapat membawa peralatan dalam perang. Pada tahun 1914, ia diangkat sebagai letnan kolonen dan menunjuk Lord Kitchener sebagai koresponden perang. Pada saat itu Ernest sangat khawatir melihat infantri yang berguguran karena ditembak oleh lawan dengan menggunakan mesin meriam.

Biografi Ernest Swinton 2

Melihat kejadian itu, ia menyuruh bawahannya untuk berperang dengan menggunakan metode parit. Ia kemudian berencana untuk membuat tangki dan langsung menuliskan tentang keunggulan dari tangki yang akan dibuat. Memo yang ia tulis dikirim ke Maurice dan langsung disetujui. Bukan hanya Maurice saja yang menyetujuinya, anggota lainnya juga menyetujuinya. Mereka langsung membuat komite untuk langsung merancang dan membuat model dari tangki itu.

Saat tangki itu sudah selesai dibuat, para angkatan laut ditugaskan untuk mengeluarkan skuardon mobil berlapis baja untuk dapat melindungi lapangan terbang angkatan laut dan melakukan uji coba terhadap tangki. Setelah berhasil, tangki ini langsung diproduksi dan dilengkapi dengan berbagai senjata perang, serta langsung digunakan saat perang bulan september 1916.

Ernes pensium dari jabatannya sebagai Controller Departemen informasi penerbangan pada tahun 1921. Ia kemudian menjabat sebagai direktur perusahan citroen pada tahun 1922. Tahun 1925, Ernes masuk ke sekolah akademis Swinton dengan menjabat sebagai profesor sejarah militer di sebuah universitas. Tahun 1934, ia kembali menjabat sebagai kolonel komandan royal tank corps dan meninggal dunia pada tanggal 15 Januari 1951.

Loading...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

20 + twelve =