Profil & Biografi Evangelista Torricelli

Loading...

Evangelista Torricelli adalah seorang fisikawan asal Italia yang lahir pada tanggal 15 Oktober 1608 di Faenza, Province of Ravenna, Papal States, Italia. Tidak hanya terkenal sebagai seorang fisikawan, ia juga sangat terkenal sebagai matematikawan, serta sebagai penasehat akademik Benedetto Castelli. Evangelista menjadi sangat terkanl sejak penemuan yang berhasil ditemukannya yaitu barometer yang merupakan penemuan akan benda penting dan digunakan hingga saat ini.

Biografi Evangelista Torricelli

Seperti yang sudah dijelaskan bahwa Evangelista lahir di Faenza yang merupakan bagian dari negara kepausan. Ia adalah anak sulung dari pasangan suami istri bernama Caterina Angfetti dan Gaspare Torricelli. Dimana ayahnya adalah seorang pekerja tekstil yang termasuk golongan keluarga miskin. Meskipun ia termasuk dalam golongan yang tidak mampu, ayahnya mempunyai niat agar bisa membuat Evangelista menjadi seorang yang berguna dan berhasil.

Evangelista mengenyam pendidikannya di Sapienza College. Disana ia menjadi siswa yang cerdas dan sangat berbakat. Berkat bakat yang dimilikinya ini, orang tuanya mengirimnya untuk dapat menerima pendidikan yang lebih baik lagi dengan belajar dan diasuh oleh pamannya sendiri yang bernama Jacobo. Disini ia belajar mengenai berbagai macam ilmu, khususnya belajar mengenai ilmu filsafat dan matematika hingga tahun 1626.

Biografi Evangelista Torricelli 1

Setelah beberapa tahun kemudian, ayahnya meninggal dunia karena mengidap suatu penyakit. Pada saat itu, pamannya mengirimnya ke Roma untuk dapat mengenyam pendidikan mengenai beberapa ilmu bersama seorang biarawan Benediktin Benedetto Castell yang merupakan seorang professor matematika di sebuah universitas bernama Collegio della Sapienza, yang sekarang terkenal dengan nama Sapienza University of Rome.

Selama menjalani kehidupannya, ia mengalami pasang surut dan kesusahan yang tidak ada henti-hentinya. Namun ia tetap berusaha untuk dapat bertahan hidup dan terus belajar mengenai berbagai ilmu sehingga membuatnya akhirnya berhasil. Selama menjalani kehidupannya, Evangelista pernah singkat oleh Galileo Galilei untuk menjadi sekretaris pribadinya selama tiga bulan atau hingga Galileo meninggal dunia. Galileo meninggal dunia pada tahun 1641. Satu tahun setelahnya, ia menjabat sebagai profesor matematika disebuah universitas di Florence.

Biografi Evangelista Torricelli 2

Pada tahun 1643, Evangelista membuat sebuah eksperimen sederhana yang ia berikan nama Torriccelli Experiment. Dimana ia menggunakan tabung kaca dengan panjang sekitar 1 meter dengan salah satu ujung yang tertutup. Ia juga menggunakan sarung yang menghadap ke atas, menuangkan raksa ke tabung dengan menggunakan corong hingga penuh, serta menutup ujung yang terbuka dengan jempolnya sendiri. Setelah itu, tabung tadi dibaliknya dan kemudian melepaskan jempolnya serta menaruh tabung dalam sebuah bejana secara vertikal.

Setelah melakukan eksperimen itu, ia menemukan sebuah hukung Tprricelli yaitu kecepatan cairan yang keluar dan mengalir melalui celah dengan ketinggian yang berbeda. Ia membuaktikan teori ini dan berhasil terbukti dan menjadikannya sebagai prinsip Bernouli.Evangelista meninggal dunia pada tanggal 25 Oktober 1647 di Florence dan dimakamkan di Basilika San Lorenzo.

Loading...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

fourteen + fifteen =