Profil & Biografi Friedrich Karl Von Drais

Loading...

Friedrich Karl Von Drais atau Karl Drais ini adalah seorang penemu sepeda yang lahir pada tanggal 29 April 1785 di Karlsruhe, Jerman. Ia sangat terkenal akan penemuan yang berhasil ia temukan yang bernama Laufmaschine yang disebut dengan sepeda beroda tiga atau dikenal dengan nama draisienne. Penemuannya ini sangat berguna dalam menjalankan berbagai macam aktivitas dan kegiatan sehari-hari. Temuannya inilah yang mendorong para peneliti untuk menciptakan alat transportasi lain yang lebih baik lagi.

Biografi Friedrich Karl Von Drais

Friedrich adalah putra dari pasangan suami istri bernama Karl Wihelm Friedrich Ludwig Baron Von Drais dan Ernestine Christine Margaretha. Ia hidup dikeluarga yang tergolong tidak mampu. Walaupun seperti itu, ia tetap mengenyam pendidikan sama seperti anak-anak lainnya. Hal ini berkat kemampuan dan prestasi yang dimilikinya sehingga membuatnya mampu menyelesaikan pendidikannya dengan menjadi siswa terbaik pada zaman itu.

Setelah menyelesaikan pendidikan sekolahnya, Friedrich kemudian melanjutkan pendidikannya ke University of Heidelberg dengan belajar ilmu fisikawan, matematikawan, pertanian, serta pendidikan arsitektur. Berkat kemampuan dan kecerdasan yang ada di dalam dirinya membuat Friedrich menjadi salah satu lulusan terbaik di universitas tersebut. Setelah lulus ia memutuskan untuk bergabung dengan lembaga kehutanan dengan menjabat sebagai pejabat hutan.

Biografi Friedrich Karl von Drais 2

Lembaga kehutanan ini adalah lembaga milik pamannya sendiri. Meskipun ia adalah keponakan pamannya, ia tetap bekerja secara profesional dalam mengembangkan lembaga itu agar menjadi semakin baju. Dalam memenuhi hal itu, ia melakukan berbagai cara agar bisa membuat lembaga itu maju. Beberapa tahun setelah itu, ia kemudian menjabat sebagai kepala rimbawan. Namun karena mengalami suatu masalah membuatnya di skors dari pekerjaannya, tetapi ia tetap menerima gaji selama masa skorsnya itu.

Biografi Friedrich Karl von Drais 1

Kesempatan inilah yang membuatnya berencana untuk agar bisa membuat suatu penelitian mengenai transportasi sepeda. Hasil dari penemuannya pertama kali mengenai sepeda adalah dengan membuat sepeda yang dilengkapi dengan tiga roda, tanpa pedal. Ia kemudian memperbaiki penemuannya itu dengan mengambil tenaga gerak di kedua kaki agar dapat meluncur lebih cepat. Ia menyebut kendaraan ini dengan nama Draisienne. Setelah itu, ia menambahkan batang penggerak yang menghubungan ban depan dengan ban belakang sekitar tahun 1839.

Sepeda ini tidak mampu bertahan lama karena munculnya sepeda jenis baru yang lebih diminati oleh masyarakat. Atas bakat yang dimilikanya itu membuatnya berhasil mendapatkan gelar duke pada tanggal 12 Januari 1818. Walaupun ia sudah pensiun dari pekerjaannya, ia tetap menerima gaji atas dasar penemuannya. Pada tahun 1820, ayahnya Friedrich yang merupakan hakim menolak untuk meminta maaf. Hal inilah yang membuat Friedrich dikepung oleh mahasiswa di Jerman. Setelah menyelesaikan masalah itu, ia kemudian pindah dari kota asalnya dan uang pensiunnya disita untuk dapat membayar biaya revolusi. Ia meninggal dunia pada tanggal 10 Desember 1851.

Loading...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

six + four =