Profil & Biografi George Eastman

Loading...

George Eastman adalah seorang pendiri dari perusahaan Eastman kodak co, serta terkenal akan penemuannya yaitu film gulung dan sangat berjasa dalam memperluas dunia fotografi. Penemuan film bergerak yang digunakannya dalam membuat film awal bersama dengan Lumiere Bersaudara, Thomas Alva Edison, serta George Melies. Ia lahir pada tanggal 12 Juli 1854 di Waterville, New York. Berkat jasa yang disumbangkannya, membuat masyarakat New York menghormati jasanya dengan memasukkan fotonya ke dalam perangko pada tahun 1954.

Biografi George Eastman 2

Ia lahir dari pasangan suami istri bernama George Washington Eastman sebagai ayahnya dan ibunya bernama Maria Kilbourn. Ia tinggal menetap dan dibesarkan di Waterville, New York tepat 20 mil sebelah barat daya dari Utica, New York. Saat ia berusia 6 tahun, ia bersama dengan keluarganya pindah ke Rochester karena alasan dasar ayahnya sedang menjalankan sekolah bisnis di kota itu.

Setelah beberapa lama kemudian, keluarganya mengalami musibah besar yaitu ayahnya meninggal dunia sehingga membuat keluarganya menjadi miskin. George adalah salah satu siswa yang mempunyai kecerdasan luar biasa yang tidak miliki oleh anak lain diusianya, bahkan ia menjadi siswa paling cerdas di sekolahnya. Karena masalah yang dihadapi keluarganya membuat George harus meninggalkan sekolahnya untuk dapat bertanggung jawab atas keluarganya.

Biografi George Eastman

Ia memikul tanggung jawab yang cukup besar di masa remaja karena harus mencukupi kehidupan keluarganya sepeninggalan ayah George. Setelah berhenti sekolah, ia memutuskan untuk bekerja sebagai kurir di sebuah perusaan asuransi dengan tugas membawa arsip selama beberapa tahun. Atas kerja keras yang ia miliki dalam bekerja, membuat George naik jabatan dengan bekerja di Rochester Savings Bank.

Semasa liburan bersama dengan rekan kerjanya, George menekuni dunia fotografi secara tidak sengaja dan bertekat untuk dapat mendokumentasikan setiap momen liburan yang ia datangi. Untuk dapat memenuhi hal itu, ia membawa perlengkapan fotografi dalam ukuran yang berat dan besar. Karena alasan inilah, ia kemudian melakukan eksperimen dengan menemukan emulsi untuk fotografi pelat kering yang dipatenkannya pada tahun 1880.

Biografi George Eastman 1

Ia kemudian bekerjasama dengan sebuah pengusaha yang bernama Henry Strong dengan terlebih dahulu merekomendasikan karyanya yang berupa plat kering untuk dapat mencetak foto. Ia kemudian melakukan eksperimen hingga akhirnya dapat menyempurnakan film serta membuat sebuah kamera simple dan sederhana. Tepat pada bulan Juni 1888, George membuat kamera sederhana yang ia berikan nama kodak.

Atas penemuannya inilah yang kemudian mempermudah para fotografi dalam mengambil objek. Ia kemudian memutuskan untuk membuat perusahaan kamera kodak yang sampai saat ini masih populer. Walaupun ia termasuk sebagai pengusaha sukses, ia tetap sederhana dan menyumbangkan hartanya untuk kepentingan sosial.

Pada tahun 1930, kesehatan George menurun drastis, ia pun mengidap berbagai macam penyakit. Sebelum meninggal ia mengundang seluruh temannya untuk membacakan surat wasiatnya. Karena tidak tahan dengan penyakit yang ia derita, George bunuh diri pada tanggal 14 Maret 1932.

Loading...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

twelve − 9 =