Profil & Biografi Gottlieb Daimler

Loading...

Gottlieb Daimler lahir pada tanggal 17 Maret 1834 di Daumler. Ia terkenal sebagai seorang pionir dan penemu di bidang otomotif yang berasal dari Jerman. Gottlieb menjadi sangat terkenal setelah ia berhasil menemukan beberapa otomotif yang digunakan hingga saat ini. Penemuan yang berhasil dibuatnya ini terus mengalami perkembangan dan perbaikan hingga saat ini. Ia juga terkenal atas pengembangan mesin pembakar internal yang berhasil dikembangkannya sekitar tahun 1883.

Biografi Gottlieb Daimler

Setelah berhasil mengembangkan mesin pembakar internal, ia kemudian mengadakan penelitian dengan menciptakan sepeda motor pertama dengan menggunakan bensin sebagai tenaga utamanya pada tahun 1885. Keadaan motor pertama ini pun masih sangat minim dan terbilang sangat sederhana. Pada saat itu, motor adalah sepeda kayu yang digerakkan dengan mesin. Dengan terbuatnya motor inilah yang menandakan sejarah dimana mengembangkan dua mesin bertenaga bensin yang layak untuk digunakan yang dikenal dengan nama sepeda modern.

Gottlieb kemudian menggunakan mesin yang diciptakan oleh insinyur Nicolaus Otto. Dimana pada saat itu Otto menemukan Four Stroke Internal Combustion Engine pada tahun 1876. Setelah berhasil menciptakan mesin yang dinamakannya Siklus Otto Mesin, ia bersama dengan mantan karyawan Otto membangun sebuah sepeda motor. Pada saat itu, Daimler menjabat sebagai direktur teknis Deutz Gasmotorenfabrik.

Biografi Gottlieb Daimler 1

Setelah beberapa lama kemudian, ia kemudian membuat mesin yang mempunyai beberapa spesifikasi seperti ringan, kecil, cepat dengan menggunakan karburator bensin injeksi yang memiliki silinder vertikal pada tahun 1885. Pada tahun berikutnya ia kemudian membuat sebuah acara untuk dapat mempromosikan hasil penemuannya itu dan mengadaptasikan penemuannya dengan orang sekitar. Setelah berhasil, ia kemudian membuat rancangan mobil roda empat pertama di dunia.

Dari tahun ketahun ia terus memperbaiki hasil dari penemuannya itu. Hal ini terbukti dengan melakukan penelitian dengan menciptakan V-miring dua silinder dengan mesin empat stroke dan katup yang didesain dengan bentuk jamur sekitar tahun 1889. Penemuan ini sama seperti hasil penelitian yang dilakukan oleh Otto dalam menciptakan mesin pada tahun 1876. Mesin baru yang diciptakan oleh Gottlieb ini dapat menetapkan dasar dalam semua mesin mobil ke depan.

Biografi Gottlieb Daimler 2

Gottlieb dan rekannya yang bernama Maybach berhasil menyelesaikan penelitiannya dalam membuat mobil pertama kali pada tahun 1889. Mobil yang mereka buat ini mempunyai transmisi empat percepatan dan dapat memperoleh kecepatan sebesar 10 mph. Setelah sukses dalam membuat mobil pertamanya ini. Ia bersama rekannya mendirikan Daimler motoren Gesellschaft pada tahun 1890 dengan memproduksi desain.

Dibalik mobil Mercedes yang mereka rilis, Wihelm Maybach adalah orang yang sangat penting dalam mendesain mobil Mercedes. Rekannya yang bernama Maybech ini akhirnya memutuskan untuk meninggalkan Gottlieb dan memilih untuk membuat pabrik sendiri dalam membuat mesin untuk Zeppelin airships. Mobil yang diciptakan oleh Gottlieb berhasil memenangkan balapan mobil pada tahun 1894. Ia meninggal dunia pada tanggal 6 Maret 1900.

Loading...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

6 + 11 =