Profil & Biografi Heinrich Hertz

Loading...

Heinrich Rudolf Hertz atau Heinrich Hertz lahir pada tanggal 22 Februari 1857 di Hamburg, Jerman yang merupakan seorang fisikawan Jerman yang sudah berhasil menemukan pengiriman energi listrik yang menggunakan 2 titik point tanpa menggunakan kabel. Selain itu, penemuannya yang paling terkenal di seluruh masyarakat adalah penemuannya atas electric charge jump. Nama Heinrich Hertz diabadikan dalam sebuah satuan frekuensi hertz.

Biografi Heinrich Hertz

Heinrich Hertz adalah putra dari pasangan suami istri yang bernama Anna Elisabeth Pfefferkorn dan Gustav Ferdinand Hertz. Dimana ayahnya adalah seorang penasihat hukum di kota Hamburg, dan ibunya sendiri adalah putri dari seorang dokter tentara. Setelah menyelesaikan pendidikan sekolahnya, Heinrich melanjutkan pendidikannya ke Universitas Hamburg. Di universitas ini, Heinrich menjadi seorang mahasiswa yang sangat cerdas dalam bidang sains dan beberapa bahasa yang ia dalami.

Heinrich juga belajar di Dresden dengan dua orang guru bernama Hermann von Helmholtz dan Gustav R. Kirchhoff sampai dengan tahun 1883. Dua tahun setelah itu, ia menjabat sebagai professor di Universitas Karlsruhe saat meneliti sebuah gelombang elektromagnetik. Ia sangat tertarik dengan meteorologi setelah bertemu dengan Wihelm von Bezold yang merupakan salah satu professor prakteknya di Politeknik Munich. Walupun seperti itu, ia tidak banyak berkontribusi kecuali pada saat ia menjadi seorang asisten di Helmholtz.

Biografi Heinrich Hertz 2

Dari tahun 1881 sampai dengan 1882, ia berhasil mempublikasikan dua buah artikel yang terkenal dalam bidang ahli kontak. Hertz sangat terkenal akan kontribusinya dalam bidang listrik dinamis. Pada abad ke 19, Maxweel menyatakan adanya gelombang elektromagnetik, namun pada saat itu belum ada bukti yang membuktikannya. Heinrich mencoba untuk membuktikan keberadaan gelombang elektromagnetik. Pada akhirnya ia baru menyadari bahwa penyataan itu adalah gabungan dari gelombang magnetik dan gelombang listrik yang saling tegak lurus.

Ia menginginkan untuk membuktikan keberadaan gelombang elektromagnetik melalui keberadaan gelombang listrik yang diradiasikannya dengan rangkaian pemancar. Ia kemudian mencoba untuk membuat rangkaian pemancar sederhana dengan menggunakan bantuan trafo yang dapat memperkuat tegangan dan kapasitor. Ia mengharapkan adanya radiasi gelombang elektromagnetik yang dipancarkan dari rangkaian yang ia buat.

Biografi Heinrich Hertz 1

Pada rangkaian yang dibuatnya itu muncul percikan listrik pada gab pemancar. Hal ini membuktikan bahwa adanya arus listrik yang mengalir melalui radiari dari suatu benda yang akhirnya terhantar ke loop. Dalam penelitian itu, ia masih belum merasa puas sehingga membuatnya mencoba untuk menghitung frekuensi pada loop dan ternyata frekuensi yang dihasilkan sama dengan frekuensi dari pemancar yang mengartikan bahwa arus listrik tersebut berasal dari pemancar itu sendiri.

Ia berhasil membuktikan konsep mengenai persamaan Maxweel dalam gelombang elektromagnetik pada tahun 1886. Heinrich terus melakukan penelitian lanjutan mengenai gelombang elektromagnetik yang pada akhrirnya, ia mendapatkan sebuah fakta menarik yaitu muatan listrik akan berkurang jika terdapat sinar ultraviolet yang jatuh di kedua elekron. Atas penemuannya itu, namanya diabadikan sebagai satuan gelombang frekuensi (Hertz). Heinrich meninggal dunia pada tanggal 1 Januari 1894.

Loading...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

five × three =