Profil & Biografi C.F. Jenkins

Loading...

C.F. Jenkins atau Charles Francis Jenkins adalah perintis awal dari bioskop dan merupakan salah satu penemu dari televisi yang digunakan hingga saat ini. Dalam membuat televisi, ia lebih banyak menggunakan mekanik daripada teknologi elektron. Ada lebih dari 400 hak paten yang dikeluarkan atas nama dirinya, terlebih atas penemuannya yang berhubungan dengan televisi dan gambar bergerak.

Biografi C.F. Jenkins

Charles lahir pada tanggal 22 Agustus 1867 di Dayton dan dibesarkan di Richmond Indian. Ia mengenyam pendidikan sekolah pertama kali disana. Setelah menyelesaikan pendidikan sekolahnya, ia memutuskan untuk pergi ke Washington DC untuk dapat bekerja sebagai stenografer. Charles mulai melakukan eksperimen dalam dunia film pada tahun 1891 dan memutuskan untuk berhenti bekerja agar bisa lebih berkonsentrasi penuh dalam mengembangkan proyektor film sendiri.

Pada tanggal 6 Juni 1894, Charles mengunjungi Richmond dalam rangka menunjukkan teman, orang tua dan wartawan sebuah kotak yang dapat memproyeksikan sebuah film. Mereka berkumpul di sebuah toko perhiasan di pusat kota miliki sepupunya untuk dapat melihat film pertama yang diproyeksikan di depan penonton. Gamabar bergerak yang mereka lihat adalah seorang penari yang melakukan tarian kupu-kupu.

Biografi C.F. Jenkins 2

Ia tidak hanya menunjukkan film gulung dengan lampu listrik di depan audiens saja, Charles juga menunjukkan film dengan warna. Dalam hal ini ia mewarnai setiap frame dengan tangannya sendiri. Saat di Washington, Charles bertemu dengan Thomas Armat dan membuat kesepakatan dalam meningkatkan desain. Hasil karyanya yaitu Phantoscope ini berhasil mendapatkan hak paten pada tanggal 20 Juli 1897. Charles menjual proyektor ke Armat, dan Armat menjual kembali hak Thomas Edison yang dipasarkannya dengan nama Vitascope.

Proyektor ini kemudian dipertunjukkan Edison ke publik di bioskop vaudeville dengan gambar gerak yang difilmkan. Setiap orang yang melihat hasil karya ini harus membayarnya. Charles kemudian menikah dengan putri keturunan keluarga mapan Maryland yang bernama Grace Love pada tahun 1902. Charles menerbitkan sebuah artikel yang membahas tentang Motion Pictures pada tahun 1913. Tahun 1923, ia mengirim siluet gambar bergerak dan menunjukkan transmisi yang mensinkronisasi suara dan gambar secara terbuka pada tanggal 13 Juni 1925.

Biografi C.F. Jenkins 1

Perusahaan televisi Charles membuka stasiun pertama siaran televisi di Amerika Serikat yang bernama W3XK berhasil dikirimkan pada tahun 1929. Pada awalnya stasiun televisi ini mengirimkan gambar siluet, namun setelah diperbaiki gambar hitam-putih ini ditransmisikan. Pada bulan Maret 1932, Television Corporation Jenkins diakuidasi dan set diakuisisi oleh Lee DeForest. Namun, beberapa bulan setelah itu perusahaan ini bangkrut dan dibeli oleh RCA.

Atas karyanya, Charles diberikan medali emas elliott cresson pada tahun 1897 dan Scott Medal pada tahun 1913. Charles adalah pendiri pertama dari perusahaan Society of Motion Picture Engineers dan menyempatkan dirinya menulis beberapa buku salah satunya Radio foto-foto. Charles meninggal dunia pada tanggal 6 Juni 1934.

Loading...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

five × three =