Profil & Biografi Hans von Ohain

Loading...

Dokter Hans Von Ohain merupakan seorang desainer pesawat yang berasal dari negara Jerman yang berhasil menemukan mesin Jet. Salah satu penemuan yang sangat berguna dalam memajukan dunia. Selain itu, Hans von ini adalah seorang doktor fisika lulusan dari Universitas Gottingen yang berada di negara Jerman. Setelah menamatkan kuliahnya, Hans menjadi asisten junior dari seorang direktur peruasahaan Institute of Physical University.

Biografi Hans von Ohain 1

Pada awalnya Hans meminta universitas untuk dapat membantunya dalam mendesain pesawat. Bertepatan dengan itu, Hans pada saat itu sedang menyelidiki mesin pesawat yang tidak menggunakan baling-baling. Sebelum melakukan penelitian, ia pertama kali menyusun ide tentang siklus pembakaran mesin sekitar tahun 1933. Hans mematenkan hasil desainnya mengenai mesin jet yang mirip dengan hasil karya dari Sir Frank Whittle dengan perbedaan pengaturan intel pada tahun 1934.

Pada tahun 1936, ia bergabung dengan Ernst Heinkel dalam melanjutkan pengembangan konsep jet. Ia bersama dengan rekannya membuat berbagai macam model pesawat, salah satunya adalah merancang dan mendesain sebuah pesawat kecil yang merupakan pesawat jenis baru dari sistem propulasi. Pesawat ini terbang pertama kali pada tanggal 27 Agustus 1939 dengan pilot yang sangat bersejarah dari pesawat jet powered yaitu kapten penerbangan Erich Warsitz.

Biografi Hans von Ohain 2

Hans bersama Sir Frank Whittle diakui oleh dunia sebagai penemu mesin jet yang menyelesaikan penelitiannya secara terpisah. Hans dianggap sebagai desainer pertama yang berhasil mendesain mesin turbojet operasional, sedangkan Frank adalah orang pertama yang mendaftarkan hak paten atas dirinya mengenai mesin turbojet tahun 1930. Akan tetapi, Jet hasil karya Hans menjadi pesawat pertama yang berhasil tebang pada tahun 1939 sehingga membuatnya menjadi orang yang mendapatkan hak paten. Sedangkan Jet buatan Frank terbang pertama kali pada tahun 1941.

Sekitar tahun 1947, Hans dibawa ke negara Amerika Serikat untuk dapat menjalankan operasi Paperclip dengan bekerja di Angkatan Udara Amerika Serikat. Tahun 1956, Hans diangkat menjadi direktur laboratorium penelitian atas Aeronautical angkatan udara. Setelah beberapa lama kemudian, tepat pada tahun 1975, Hans diangkat menjadi kepala ilmuan dari Aero Propulsion Laboratory.

Biografi Hans von Ohain

Setelah masa karirnya, ia memperoleh berbagai macam penghargaan, diantaranya American Institute of Aeronautics dan Astronautics atau AIAA, Systems Command Award untuk Exceptional layanan sipil, dan beberapa penghargaan lainnya. Dari tahun 1984 sampai dengan 1985 ia menjabat sebagai Charles A. Lindbergh didalam sebuah sejarah Aerospace. Tahun 19914, ia bersama dengan Whittle dianugerahui Charles stark Draper Prizer atas penelitian dan pekerjaan yang mereka lakukan.

Ia pensiun dari Wright Patterson sekitar tahun 1979 dan kemudian mengambil posisi sebagai associate professor di dekat university of dyton. Hans kemudian pindah ke Melbourne bersama istrinya yang bernama Hanny. Hans meninggal dunia pada tanggal 13 Maret 1998 di Melboourne.

Loading...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

nineteen + 9 =