Profil & Biografi J.L. Baird

Loading...

J.L. Baird atau John Logie Baird lahir pada tanggal 13 Agustus 1888 di Helensburgh, Skotlandia. John sangat terkenal sebagai penemu citra visual bergerak pertama kali yang dapat ditransmisikan pada perangkat televisi. Selain itu, ia juga sangat terkenal sebagai pioner utama dalam sejarah yang berhasil menemukan televisi berwarna. Penemuan yang berhasil ia temukan itu sangat mempengaruhi produksi di dunia yang membuat namanya menjadi sangat terkenal.

John Logie Baird inventeur ecossais de la premiere television qu'il presenta au Musee de la Science en 1926 -- John Logie Baird Scottish inventor of the first tv which he presented to the Science Museum in 1926

John pertama kali mengenyam pendidikan di Technical College Royal dan kemudian melanjutkan pendidikan sekolahnya ke Universitas Glasgow. Karena kesehatannya yang semakin hari semakin memburuk membuatnya tidak bisa ikut dalam perang dunia pertama yang pada akhirnya mengganti profesinya sebagai seorang insinyur listrik. Tidak berhenti disini saja, ia kemudian memutuskan untuk menjadi seorang insinyur listrik dan menjadi seorang amatir profesional dan mengejar berbagai macam kepentingan yang berbeda dan sangat menguntungkan.

Semakin hari kesehatannya semakin memburuk yang membuatnya kemudian memutuskan untuk lebih berkonsentrasi terhadap elektronik, terutama saat gelombang demonstrasi radio yang merupakan hasil karya dari Guglielmo Marconi yang digunakan untuk dapat membawa sinyal audio. Kesehatannya yang semakin memburuk membuatnya terserang gangguan saraf.

Biografi J.L. Baird 2

John mempunyai keyakinan yang sangat kuat mengenai proses yang sama dalam mengirimkan sinyal visual dan melakukan sebuah desain. Desain yang dibuatnya mengenai sebuah perangkat yang disebut sebagai Nipkow disk yang diciptakannya pada tahun 1884. Pada awalnya perangkat yang diciptakan ini terdiri dari disk karton dengan berbagai macam lubang persegi yang terletak dalam posisi spiral.

Saat disk karton ini digabungkan dengan photoelectriccell dan berputar, Nipkow mampu memindai area terang dan gelap serta mengkonversi informasi menjadi sinyal listrik. Dengan menggunakan Seconddisk, Nipkow mampu menerjemahkan signal ke gambar visual primitif. Setelah mengetahui mengenai hasil penelitian yang dilakukan oleh Nipkowm. John mengambil idek Nipkow satu langkah lebih baik dibanding Nipkow dalam mengembangkan sistem dimana sinyal dapat dikirim melalui gelombang elektromagnetik.

17th December 1942: Scottish electrical engineer and television pioneer John Logie Baird (1888 - 1946) giving a demonstration in his laboratory of his latest advance in colour television. Baird was born in Helensburgh and studied at Glasgow University. Baird worked as an engineer at Clyde Valley Electric Power Company but had to retire due to ill health. He used his time to conduct experimental research into the transmission of images and gave a successful public display of his television system in London on 27th January 1926. In 1929 his mechanically scanned system was adopted by the BBC and he provided an improved system five years later. Baird also helped pioneer colour television and stereophonic sound. (Photo by Topical Press Agency/Getty Images)

Setelah beberapa lama melakukan penelitian, John mengalami kekurangan dana yang dikarenakan para investor menganggap bahwa ide John adalah hal yang kurang menguntungkan hingga ia berusia 35 tahun. Ia kemudian memutuskan untuk bekerja sebagai penjual sepatu dan salesmen silet untuk dapat mencukupi kehidupan sehari-harinya. Pada tahun 1923, John kembali melakukan penelitian terhadap mesin yang ia ciptakan itu yang berujung dengan keberhasilan dengan mengirim citra kasar melewati transmiter tanpa kabel ke pesawat penerima yang berjarak beberapa meter.

Atas penemuannya itu, ia menjadi sangat terkenal dan kebanjiran para investor untuk dapat menyelesaikan ambisiusnya. Pada tahun 1927, John kemudian mengirimkan sinyal dari London ke Glasgow serta mengirim sinyal dari London ke Ne York pada tahun 1928. Penemuannya itu digantikan dengan desain tabung sinar katoda. John terus memperbaiki hasil temuannya itu menjadi lebih baik lagi. Pada akhirnya televisi yang berhasil ia buat ini mampu dilihat oleh publik di layar film. John meninggal dunia pada tanggal 14 Juni 1946 di Bexhill-on-sea.

Loading...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

6 + twelve =