Profil & Biografi Henrich Focke

Loading...

Hans Lippershey adalah seorang perintis penerbangan yang berasal dari Breman, Jerman dan merupakan seorang pendiri dari perusahaan Focke-Wulf. Henrich menjadi sangat terkenal karena sudah berhasil mengembangkan sistem propulsi poros turbo yang sering digunakan oleh helikopter di dunia. Ia lahir pada tanggal 8 Oktober 1890 di Bremen. Henrich adalah salah satu penemu yang sangat berpengaruh dengan kecanggihan dari helikopter.

Biografi Henrich Focke 1

Henrich pertama kali mengenyam pendidikannya di Hanover. Saat berada disana, ia berteman dengan penemu yang bernama Georg Wulf pada tahun 1911. Setelah menyelesaikan pendidikannya, ia bersama dengan temannya itu bersama-sama mendaftarkan diri ke dinas militer, namun ia tidak berhasil lolos dalam seleksi karena mengidap masalah kesehatan jantung. Walaupun sempat mengalamai kegagalan, ia akhirnya direkrut untuk menjadi resimen infanteri yang ditugaskan di bagian depan timur. Tidak beberapa lama kemudian, ia dipindahkan ke bagian lain yaitu Imperial German Army Air Service.

Henrich berhasil lulus sebagai Dipl-Ing pada tahun 1920 sebagai lulusan terbaik. Setelah menyelesaikan pendidikan kuliahnya, Henrich memutuskan untuk bekerja di perusahaan Francke Bremen dengan tugas sebagai perancang sistem air gas. Sambilan bekerja, Henrich memutuskan untuk sambilan mengerjakan eksperimen aeronautika bersama dengan temannya dalam menjalankan dan membangun mesin baru A VII dari A VI.

Biografi Henrich Focke

Beberapa tahun setelah itu, ia bersama dengan rekannya yang bernama Dr Werner Naumann dan Wulf mendirikan sebuah perusahaan yang diberi nama Focke Wulf Flugzeugbau GmbH. Pada tahun 1927, rekan kerjanya yang bernama Focke-Wulf meninggal dunia dalam sebuah kecelakaan di F19. Henrich kemudian ditawarkan untuk bergabung di Danzig Institute of Technology namun ditolaknya. Di kota Bremen, Henrich diberikan gelar sebagai profesor dan pada tahun yang sama ia bergabung dengan perusahaan yang bernama Albatros Flugzeugwerke.

Pada tahun 1933, ia mendirikan sebuah perusahaan yang bernama Juan de la Cierva ‘s dibawah lisensi. Dalam merancang helikopter, ia terinspirasi dari lisensi itu dalam membuat helikopter praktis pertama yang ada di dunia. Helikopter yang pertama kali terbang dengan dikendarai oleh Hanna Reitsch pada tanggan 26 Juni 1936 di Stadion Balai Deutschland. Beberapa bulan setelah itu, ia digulingkan dari perusahaannya sendiri karena alasan tekanan pemegangan saham. Perusahaan ini diambil alih oleh AEG dan kemudian diserahkan kepada kementrian udara yang terkesan dengan helikopter buatannya.

Biografi Henrich Focke 2

Ia pun membuka perusahaan helikopter kembali dengan nama Focke Achgelis pada tanggal 27 April 1937 dan berhasil memperoleh rekor atas penemuan helikopter terbarunya pada tahun 1940. Ia menghabiskan waktunya untuk terus memperbaiki dan memperbarui kecanggihan helikopter. Tidak hanya itu saja, Henrich juga bergabung dengan perusahaan perancis dalam membuat helikopter yang akan digunakan saat perang berlangsung.

Ia mengembangkan beberapa helikopter yang mampu menarik perhatian semua orang. Ia kembali ke Jerman pada tahun 1956 dengan mengembangkan helikopter ketiganya dengan nama Kolibri dan menerbangkannya pada tahun 1958. Setelah perusahaannya runtuh, ia berpindah profesi sebagai konsultan insinyur. Henrich meninggal dunia pada tanggal 25 Februari 1979.

Loading...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

8 + seventeen =