Profil & Biografi Johannes Gutenberg

Loading...

Johannes Gutenberg atau Johannes Gensfleisch zur Laden zum Gutenberg merupakan seorang pandai logam dan pencipta yang berkebangsaan Jerman dan berhasil memperoleh ketenaran berkat sumbangan dalam bidang teknologi percetakan. Ia lahir sekitar tahun 1398 dan menamainya sebagai seorang yang berhasil menciptakan movable type di Eropa. Hasil karyanya sudah diakui memiliki estetika dan kualitas teknikal yang sangat tinggi. Tidak hanya itu saja, ia juga sangat terkenal karena sudah memperkenalkan tinta berbasis minyak.

Biografi Johannes Gutenberg

Johannes lahir di kota Mains, Jerman yang merupakan seorang putra bungsu dari pedagang yang bernama Friele Gensfleisch dari istri keduanya bernama Else Wyrich. Menurut laporan yang berhasil ditemukan, ayahnya Johannes adalah seorang pedagang emas untuk mencukupi kebutuhan sehari-harinya. Pada tahun 1411 terjadi pemberontakan di Kota Mainz sehingga ia harus pindah ke Strasbourg dan tinggal menetap selama 20 tahun.

Saat berada disana, ia memutuskan untuk bekerja sebagai pembuat barang dengan bahan dasar logam untuk dapat memenuhi kebutuhan sehari-harinya. Johannes bukanlah orang yang pertama kali menemukan percetakkan, hal ini terbukti dengan adanya bentuk pencetakkan yang ditemukan di Cina dan Korea pada tahun 175 AD. Pda tahun 1440, Johannes berhasil menciptakan metode pengecoran potongan huruf diatas campuran logam yang terbuat dari timah.

Biografi Johannes Gutenberg 2

Metode penemuan percetakan ini bergantung pada beberapa elemen diatas penggabungan beberapa teknologi di Asia timur. Karyanya dalam mesin cetak ini dimulai sekitar tahun 1436, saat Johannes sedang melakukan kerja sama bersama Andreas Dritzehan dan Andreas Hilmann yang merupakan pemiliki dari pabrik kertas. Namun, rekor ini baru muncul saat adanya gugatan hukum dalam melawan Gutenberg pada tahun 1439.

Idenya yang dianggap penting adalah disaat ia bekerja sebagai tukang emas di Mainz. Dimana idenya itu untuk dapat menghasilkan surat pengampunan dengan membentuk kop huruf yang digunakan untuk mencetak surat pengampunan agar bisa mendapatkan banyak uang untuk membayar hutang saat ia bekerja sebagai tukang logam. Pada saat itu, surat dan buku yang ia tulis dengan tulisan aksara latin dengan tangan dan mengandung banyak kesalahan saat penyalinan.

Biografi Johannes Gutenberg 1

Johannes pertama kali membuat acuan huruf logam dengan menggunakan timah hitam agar bisa membentuk tulisan aksara latin. Pada awalnya, ia membuat hampir 300 bentuk huruf yang bisa meniru bentuk tulisan tangan yang berbentuk tegak bersambung. Selain itu, ia juga sangat terkenal akan penemuan dan kontribusi lain yang berhasil ia temukan. Johannes menciptakan bahan sampingan percetakan seperti cetakan huruf dan tinta. Tinta yang terbuat dari campuran tembaga, minyak, dan timah hitam.

Majalah life menganggap mesin cetak yang dibuat oleh Johannes adalah penemuan luar biasa pada 1000 tahun terakhir. Johannes meninggal dunia pada tanggal 3 Februari 1468 akibat serangan jantung dan dimakamkan di gereja Franciscan, Mainz.

Loading...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

16 − 10 =