Profil & Biografi Josep dan J. Montgolfier : Penemu Balon Udara

Loading...

Josep dan J. Montgolfier atau yang mempunyai nama lengkap Joseph-Michel Montgolfier dan Jacques-Etienne Montgolfier yang dikenal dengan julukan Montgolfier bersaudara ini adalah penemu  balon udara dengan gaya panas Montgolfiere, globe aerostatique. Dua bersaudara ini mampu meluncurkan penerbangan balon udara serta berjalan dengan sukses. Pada bulan Desember 1783, Pierre yang merupakan ayah dari dua bersaudara ini diangkat menjadi bangsawan oleh Raja Louis XVI.

Biografi Josep dan J. Montgolfier

Joseph Michel Montgolfier lahir pada tanggal 26 Agustus 1740, sedangkan Jacques Etienne Montgolfier lahir pada tanggal 6 Januari 1746. Diantara kedua bersaudara ini, orang yang pertama memikirkan tentang balon udara adalah Josep yang merupakan kakak dari Jacques. Awal munculnya ide itu adalah saat pertama ia mengamati pengeringan laundry. Pada saat itu, ia melihat sisa pembakaran yang ada di perapian yang sudah terbakar bisa terbang ke atas cerobong karena terbawa oleh asap.

Pada bulan November 1782, Joseph membuat eksperimen definitif di kota Avignon. Sebelum Joseph melakukan eksperimen, ia memikirkan tentang isu mengenai benteng Gibraltar yang dapat ditembus dari kedua sisi yakni sisi darat dan laut. Dia percaya bahwa kandungan yang ada di dalam asap adalah gas khusus yang disebutnya dengan nama Montgolfier Gas dan properti khusus yang disebutnya dengan nama kesembronoan. Dari hasil renungannya itu, ia mulai melakukan percobaan.

Biografi Josep dan J. Montgolfier 1

Pada awalnya ia membuat kotak dari kayu yang sangat tipis dengan ukuran 1 x 1 x 1,3 m dan menutupi bagian atas dengan menggunakan kain taffeta yang ringan. Setelah itu ia menyalakan kertas di bawah kotak itu. Setelah kejadian itu, kotak dengan cepatnya terbang ke atas dan hampir bertabrakan dengan langit-langit rumah. Setelah kejadian itu, ia meminta saudaranya untuk melanjutkan percobaannya.

Kedua bersaudara ini kemudian membuat perangkat yang sangat mirip dengan ukuran yang lebih besar dari sebelumnya. Karena gaya angkat yang begitu besar pada balon udara ini membuat mereka menjadi hilang kendali. Balon udara ini pertama kali terbang pada tanggal 14 Desember 1782 dan mampu melayang hingga dua kilometer atau sekitar 1,2 mil. Setelah berhasil melakukan percobaan itu, mereka membuat demonstrasi mengenai balon udara dengan membuat balon udara yang mampu menampung udara 790 m kubik dengan berat sebesar 225 kg. Balon ini dibangun dari empat potong yang diselenggarakan bersama 1800 tombol. Penerbangan ini dilakukan pada tanggal 4 Juni 1783.

Biografi Josep dan J. Montgolfier 2

Mereka kemudian bekerja sama dengan produsen walpaper yang bernama Jean Baptiste Reveillon dengan membangun 37500 kubik kaki. Balon itu kemudian diberi warna biru langit yang dihiasi dengan flourishes emas, matahari, dan desain yang menunjukkan intervensi Reveillon. Selain itu, mereka juga melakukan percobaan terhadap manusia dimana, manusia menjadi objek yang menaiki balon udara itu.

Namun, balon udara ini terus diperbarui dan mengalami perubahan yang lebih canggih lagi. Mereka mendirikan perusahaan The Montgolfier sebagai tempat memproduksi balon udara. Ada beberapa literatur yang mengatakan jika balon udara ini sudah ditemukan oleh peneliti 74 tahun sebelumnya sehingga membuat kedua bersaudara ini tidak mendapatkan hak patennya. Perusahaan yang mereka dirikan itu masih ada hingga saat ini di Annonay, Prancis dengan mengganti nama menjadi Canson Montgolfier. Josep meninggal dunia pada tanggal 26 Juni 1810 dan Jacques meninggal dunia pada tanggal 2 Agustus 1799.

Loading...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

four × two =