Profil & Biografi Joseph Lister

Loading...

Joseph Lister, 1st Baron Lister atau yang lebih dikenal dengan nama Sir Joseph Lister adalah seorang ahli bedah dan seorang pelopor bedah antiseptik yang berasal dari Inggris. Selain itu, ia juga lebih dikenal sebagai orang yang mempromosikan ide mengenai operasi steril saat ia bekerja di Glasgow Royal Infirmary. Bukan hanya itu saja, peneliti ini juga berhasil memperkenalkan karbonal yang saat ini dikenal dengan sebutan fenol untuk dapat mensterilkan instrumen bedah dan membersihkan luka yang dapat menyebabkan penurunan inferksi setelah operasi.

Biografi Joseph Lister

Joseph lahir pada tanggal 5 April 1828 di Upton, Ess 3x yang merupakan putra dari Joseph Jackson Lister yang merupakan seorang pelopor lensa objek achromatik pada mikroskop. Saat Joseph remaja, ia mengenyam pendidikan sekolah di Grove House Tottenham School agar bisa memperdalam ilmu pengetahuan alam, matematika dan bahasa. Di sekolahnya, Joseph adalah pembaca bahasa Jerman dan Perancis yang sangat fasih dan merupakan bahasa utama penelitian medis.

Biografi Joseph Lister 2

Setelah Joseph menyelesaikan pendidikan sekolah menengahnya, ia kemudian melanjutkan pendidikannya ke University College London. Awalnya ia mengambil jurusan botani dan memperoleh sarjana pada tahun 1847. Setelah itu, ia melanjutkan pendidikannya ke sekolah kedokteran dan lulus dengan memperoleh penghargaan sarjana kedokteran. Ia juga melanjutkn pendidikannya dengan masuk ke Royal College of Surgeons dan menjadi seorang asisten dan teman dari ahli bedah yang bernama James Syme di University of Edinburgh.

Joseph juga membuat antiseptik dengan menggunakan karbonal pada tahun 1867. Ia meninggal Quaker dan bergabung dengan Gereja Episkopal Skotlandia dan menikah dengan putrinya yang bernama Syme, Agnes. Pada tahun 1861, Joseph menjadi ahli bedah di sebuah rumah sakit. Di rumah sakit ini ia melihat begitu banyaknya orang yang meninggal dunia karena terinfeksi, kelumpuhan bagian anggota badan, serta mengidap penyekit mematikan lainnya.

Biografi Joseph Lister 1

Tahun 1865 ia membaca sebuah makalah yang berisi tentang pembusukan dan fermentasi makanan yang disebabkan oleh mikroorganisme yang ada di udara. Setelah memahaminya, ia membuat kesimpulan dan melakukan penelitian dengan mengembangkan antiseptik sebagai obat luka dengan menggunakan tiga saran dari pasteur. Pada tahun 1797, Friedlieb Runge menemukan creosote yang diolah menjadi asam karbol yang digunakan untuk mengobati kayu yang digunakan untuk menghubungkan kereta api.

Asam karbonal yang diciptakan oleh Friedlieb ini dicoba dengan menyemprotkan pada sayatan beda dan luka. Ia terus merendam sepotong benang yang dicelupkan dalam larutan asam karbol. Setelah beberapa hari kemudian, ia melihat tidak adanya infeksi dan setelah enam minggu tulang anak itu menyatu kembali. Setelah berhasil melakukan penelitian itu, ia kembali ke Edinburg dan memberi tahu ahli kesehatan disana. Joseph pensiun dari prakteknya setelah istrinya meninggal dunia. Joseph meninggal dunia pada tanggal 10 Februari 1912.

Loading...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

four + eight =