Profil & Biografi Rowland Hill

Loading...

Rowland Hill atau yang dikenal sebagai Sir Rowland Hill ini lahir pada tanggal 3 Desember 1795 dan merupakan seorang guru Britania Raya. Rowland mulai mengkampanyekan reformasi mengenai sistem pos yang berhasil ia temukan. Pada umumnya Rowland menjadi sangat terkenal berkat konsep dasar mengenai layanan pos modern dengan menggunakan perangko yang sudah perhasil ia ciptakan. Berkat kerja kerasnya dan idenya dalam membuat sebuah perangko sangat mempengaruhi perkembangan di dunia.

Biografi Rowland Hill

Rowland terlahir di kota Kidderminster, Inggris yang merupakan salah satu anggota keluarga Thomas Wright Hill. Sejak ia berumur sebelas tahun, Rowland membantu ayahnya untuk menyelenggarakan sekolah. Saat Rowland berusia 31 tahun, ia memutuskan untuk pindah ke suatu tempat yang dekat dengan London bersama dengan saudaranya. Ia kemudian membuat sebuah sekolah yang cukup istimewa yang terletak di Bruce Castle dan mencoba kehidupan baru dengan profesi sebagai guru mengikuti profesi ayahnya.

Dalam karirnya sebagai seorang guru, Rowland memperkenalkan sitem belajar yang ia namakan dengan Hazelwood. Dimana sistem ini mengungkapkan pengakuan yang sangat penting bagi mahasiswa yang dibuat agar pendidikannya berhasil. Gagasannya ini kemudian menekankan pendidikan yang memiliki disiplin diri yang sangat kuat. Setelah menyelesaikan pendidikannya, ia kemudian memutuskan untuk menekuni profesi barunya tanpa mengenal lelah.

Biografi Rowland Hill 1

Rowland menghabiskan sisa hidupnya dengan menyelesaikan pekerjaan barunya dan melakukan profesi barunya secara rutin selama beberapa minggu. Keadaan inilah yang membuat kesehatannya semakin hari semakin terganggu dalam kurun waktu selama beberapa hari. Setelah pulih dari penyakitnya, Rowland memutuskan tidak lagi berprofesi sebagai pengajar. Ia lebih memilih untuk menghabiskan waktunya dalam suatu yayasan dengan tujuan menyebarkan ilmu pengetahuannya agar lebih bermanfaat.

Selain itu, Rowland juga ikut dalam misi melancarkan suatu penyiaran dalam usahanya membasmi kemiskinan serta mengurangi kejahatan secara berangsur. Setelah beberapa lama kemudian E.G Wakerfield mempunyai rencana untuk mendirikan sebuah tempat perkumpulan yang memiliki tujuan yaitu membuka jajahan dan terletak di Australia Selatan. Dalam perkumpulan ini, Rowland sangat aktif mengikuti berbagai kegiatan.

Biografi Rowland Hill 2

Ia pun kemudian diangkat menjadi sekretaris setelah rancangan E.G. Wakerfield diterima. Ia mencurahkan seluruh tenaga dan pikirannya demi kemajuan perkumpulan ini. Rowland memanfaatkan waktu luangnya untuk membuat sebuah mesin cetak. Pada tahun 1930, negara Inggris semakin berkembang terutama dalam hal transportasi. Saat itu, Rowland berusaha agar bisa menerima pemasukan uang yang berasal dai pajak pengiriman surat. Hal inilah yang membuat Rowland membuat tiga usulan ke parlemen, salah satunya adalah ongkos pengiriman surat harus turun agar bisa meningktkan jumlah surat yang akan dikirim.

Pada tahun 1854 hingga 1856, Rowland mendapatkan kepercayaan penuh untuk bisa menduduki jabatan sebagai sekretaris di Perusahaan Jawatan Pos. Hal inilah yang membuat Rowland diberikan gelar “sir”. Saat ia pensiun, Rowland diberikan hadiah 20000 Poundsterling dan menerima uang pensiun 2000 poundsterling setiap tahunnya. Rowland yang dijuluki sebagai Bapak Perangko Dunia ini meninggal dunia pada tanggal 27 Agustus 1879 di Hampstead.

Loading...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

5 × 2 =