Profil & Biografi Julius Lothar Meyer

Loading...

Julius Lothar Meyer merupakan seorang ahli kimiawan asal Jerman dan merupakan seorang kontemporer dan pesaing dari Dmitri Mendeleev yang juga menyusun tabel periodik unsur kimia untuk yang pertama kalinya. Mendeleev, Julius dan Robert berpisah sekitar lima tahun lamanya. Selain itu, ia juga dikenal sebagai seorang dokter yang sangat terkenal di Varel. Julius lahir pada tanggal 19 Agustus 1830 di Varel yang merupakan bagian dari Jerman.

Biografi Julius Lothar Meyer 1

Julius adalah anak keempat dari pasangan suami istri, dimana ayahnya adalah seorang dokter bernama Friedrich August Meyer dan ibunya bernama Anna Biermann. Setelah menyelesaikan pendidikan sekolahnya, Julius melanjutkan pendidikannya ke Sekolah Tinggi Kejagung Altes Gymnasium Oldenburg. Setelah menyelesaikannya, ia melanjutkan pendidikannya kembali dengan mendalami Kedokteran di Universitas Zurich sekitar tahun 1851.

Setelah dua tahun mendalami ilmu kedokteran, Julius kemudian melanjutkan pendidikannya ke Universitas Wurzburg dimana salah satu gurunya adalah Rudolf Virchow. Setelah menyelesaikan pendidikankuliahnya, ia memutuskan untuk pergi ke Heidelberg dan belajar kimia dengan R. Bunsen, beljar matematika dengan GR Kirchhoff, serta belajar matematika dan fisika dengan FE Neumann. Pada tahun 1859, Julius menjabat sebagai dosen privat dalam pelajaran fisika dan kimia.

Biografi Julius Lothar Meyer

Semasa kuliahnya, Julius lulus dengan tesis berjudul aksi karbon monoksida pada darah. Pada tanggal 16 Agustus 1866, Julius menikah dengan perempuan bernama Johanna Volkmann. Kontribusi atau sumbangsihnya terhadap ilmu kimia adalah dalam konsep mengenai atom karbon dalam benzena yang diatur di dalam cincin. Meskipun Julius tidak mengusulkan dalam menggantikan ikatan tunggal dan ganda yang termasuk dalam struktur August. Selain itu, ia juga aktif dalam merawat pasien yang terluka.

Dalam kontribusinya, ia mencatat priodik yang dilakukan JAR di Inggris. Dimana masing-masing unsur sudah diatur dalam sebuah urutan berat atom yang bisa didapati ke dalam kelompok sifat kimia dan fisik yang sama dan diulang secara berkala. Ia juga mengatakan bahwa berat atom diplomat adalah koordinat, sedangkan volume atom sebagai abscissae. Unsur-unsur protonĀ akan muncul di puncak kurva dalam urutan atom masing-masing.

Biografi Julius Lothar Meyer 2

Ia juga menulis sebuah buku berjudul Die modernen Theorien der Chemie yang diterbitkan pada tahun 1862 dan 1864. Dalam periodik mengandung 28 unsur yang diklasifikasikan dari enam keluarga dengan valensinya. Julius adalah orang pertama yang sudah berhasil membuat tabel priodik yang dibuktikannya. Julis juga menerbitkan sebuah artikel mengenai tabel klasifikasi unsur dalam bentuk horizontal dan vertikal.

Julius mempublikasikan tabel ini dan dikenal oleh banyak orang ada tahun 1869. Beberapa bulan setelah itu, ia juga menerbitkan versi yang lebih diperluasnya dan hampir identik. Julis meninggal dunia pada tanggal 11 April 1895.

Loading...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

eleven + thirteen =