Profil & Biografi Karlheinz Brandenburg : Penemu MP3

Loading...

Karlheinz Brandenburg adalah seorang ilmuan dan seorang teknisi audio yang lahir pada tanggal 20 Juni 1954, di Erlangen, Jerman. Karlheinz merupakan teknisi audio yang sudah berhasil memberikan kontribusi mengenai kompresi audio dengan Format MPEG Audio Layer 3 yang dikenal dengan nama MP3. Penemuannya ini sangat berjasa dan digunakan hingga saat ini dengan perubahan yang membuat MP3 menjadi lebih sempurna.

Biografi Karlheinz Brandenburg

Setelah menyelesaikan pendidikannya sekolahnya, ia melanjutkan pendidikannya ke jenjang yang lebih tinggi dengan masuk ke universitas di Friedrich Alexander Universitas Erlangen Nurnberg dengan meraih diploma atau Dipl.Ing jurusan teknik elektro sekitar tahun 1980, matematika pada tahun 1982, serta lulus PhD sekitar tahun 1989. Pada tahun 2000, ia memutuskan untuk pindah ke Ilmenau dan kemudian diangkat menjadi Kepala Departemen Audio di Institut Fraunhofer pada bulan Mei 2000.

Ia juga menjabat sebagai profesor di Institut Teknologi Media yang berada di Technical University of Ilmenau. Penelitiannya mengenai metode audio ini sudah dilakukannya pada tahun 1977. Akan tetapi, alat ini baru diresmikan pada tahun 1987. Menurutnya, MP3 adalah sebuat format audio yang dikembangkan oleh MPEG. Dengan adanya teknologi MP3 ini, semua orang bisa mengkompres semua berkas audio agar menjadi lebih kecil.

Biografi Karlheinz Brandenburg 1

Dalam membedakan kualitas dari audio itu sendiri memang cukup sulit, terlebih membedakan kualitas dari CD dan MP3. Hal inilah yang membuat para peneliti mengupayakan dalam menyelesaikan dan menemukan alat atau teknologi kompresi audio yang tidak akan mengurangi kualitas dari suara aslinya. Ia mengatakan bahwa proyeksi ini hampir saja mati karena tidak adanya kemajuan dan terjadi kesalahan beberapa kali.

Walaupun seperti itu, para ilmuan tidak pernah menyerah untuk menyelesaikan proyeksi ini dan menyempurnakannya. Penemuan atas MP3 ini sudah mendapatkan hak paten dari negara Amerika serikat. Para penemu yang terdaftar dalam hak paten ini adalah Karl-Heinz Brandenburg, Bernd Kurten, Bernhard Grill, Ernst Eberlein, dan Thomas Sporer.

Biografi Karlheinz Brandenburg 2

Sekelompok ilmuan yang berasal dari Fraunhofer mulai membuat MP3 dengan nama kode EUREKA EU147 pada tahun 1987. Pada bulan Januari MPEG ini dibentuk sebagai subkomite dari ISO, IEC. Serta pada bulan April 1989, Fraunhofer menerima hak paten atas MP3 ini. Tahun 1992 Dieter mengintegrasikan algoritma audio coding untuk MPEG-1 dengan standar kompresi video bandwith rendah. Pada tahun 1994, MPEG-2 ini disempurnakan dengan adanya fasilitas tambahan seperti proses kompresi video.

Pada tanggal 26 November 1996 hak paten atas MP3 ini diberikan oleh Amerika dan diterbitkan dari bulan September 1998. Semua peneliti yang sudah mengembangkan audio yang diciptakan oleh Fraunhofer harus membayar biaya lisensi padanya. Pada tahun 1999, perusahaan rekaman yang diberi nama SubPop mendistribusikan track musik dengan format MP3. Lagu pertama yang digunakan oleh Karlheinz dalam MP3 nya adalah Tom’s Dinner yang dinyanyikan oleh penyanyi bernama Suzane Vega.

Loading...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

14 − seven =