Profil & Biografi Louis Daguerre

Loading...

Louis Daguerre adalah seorang seniman dan ahli dalam ilmu kimia yang berasal dari negara Perancis dan menjadi sangat terkenal berkat hasil karyanya yaitu proses fotografi Daguerreotype. Louis lahir pada tanggal 18 November 1787 di Cormeiles, Perancis utara dengan nama lengkap yaitu Louis Jacques Mande Daguerre. Banyak karya seni Louis yang digemari oleh banyak orang.

Biografi Louis Daguerre 2

Setelah menyelesaikan pendidikan sekolahnya, Louis ikut magang di bagian desain, arsitektur, teater, serta lukisan panorama yang dikenal dengan nama Pierre Prevost. Ia adalah pelukis panorama pertama yang berasal dari negara Perancis. Bahkan Louis menjadi seorang desainer yang sangat terkenal dalam hal teater yang dikarenakan bakat dan keahliannya dalam ilustrasi teater. Setelah masa suksesnya itu, Louis memutuskan untuk menciptakan diorama yang ia buka di negara Perancis pada tahun 1822.

Dalam menjalankan bisnisnya, ia bekerja sama dengan seorang penemu heliograph pertama yang bernama Nocephore Niepce pada tahun 1829. Rekannya ini tidak hanya menemukan itu saja, ia juga menemukan foto kamera permanen pertama. Namun mereka hanya sebentar menjadi partner yang dikarenakan rekan kerjanya itu meninggal dunia pada tahun 1833. Walaupun ia sendirian, Louis tetap melakukan eksperimen yang berujung dengan keberhasilan dalam menghasilkan sistem praktis yang digunakan dalam fotografi dan dikenal dengan nama daguerreotype.

Biografi Louis Daguerre 1

Setelah berhasil menemukan sistem fotografi itu, ia kemudian memutuskan untuk mempublikasikan hasil karyanya itu ke masyarakat sekitar pada tahun 1839. Louis memamerkan pelat tembaga yang dilapisi dengan perak dan menampilkan bayangan sebuah jalan. Dimana disana terlihat orang yang tidak dikenal dan merupakan orang pertama yang difoto. Setelah beberapa lama kemudian, Akademi Ilmu Pengetahuan mengumumkan proses dari alat itu pada tanggal 9 Januari.

Hak paten yang dimiliki oleh Louis diambil ahli oleh pemerintah Perancis. Beberapa bulan setelah itu, pemerintah perancis mengumumkan penemuan yang sudah ditemukan oleh Louis ini adalah hadiah atau sumbangan untuk dunia. Sebagai penghargaan atas kerja kerasnya itu, Louis diberikan uang pensiun seumur hidup.

Biografi Louis Daguerre

Dalam proses fotografinya itu, ia membuat sebuah metode dalam membuat foto pertama yang disebarluaskan ke suluruh dunia. Gambar yang dihasilkan dalam sistem yang terbuat dari amalgam dan mercury. Uap mercury yang digunakan pada karya ini didapatkan dari kolam air raksa yang sudah dipanaskan untuk dapat mengembangkan pelat tembaga yang dilapisi oleh perak tipis dan digulung dalam kotak. Akan tetapi hasil karyanya ini masih bisa dihapus oleh udara dan tangan.

Ia kemudian memperbaikinya dengan menutup ruangan itu dan memasukkan hasil gambarnya ke dalam bingkai kaca. Louis juga berhasil menemukan cara yang dapat mengembangkan hasil foto pada tahun 1835. Cara ini bisa membuat Anda memperbaiki gambar yang sudah dihasilkan dan mencegah penggelapan pelat perak. Hasil penemuannya itu berhasil ia sempurnakan pada tahun 1837. Setelah beberapa lama menikmati hasil dari kerja kerasnya itu, Louis meninggal dunia pda tanggal 10 Juli 1851 di Bry Sur Marne.

Loading...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

9 + 1 =