Profil & Biografi Edwin Land

Loading...

Edwin Land atau Edwin Herbeth Land merupakan seorang penemu yang berhasil menemukan kamera polaroid yang merupakan kamera dengan hasil foto yang langsung jadi. Edwin merupakan pendiri dari perusahaan Polaroid Corporation yang sangat dikenal di seluruh dunia. Ia menjadi salah satu tokoh yang masuk ke dalam sejarah fotografi industri. Tidak hanya itu saja, ia juga adalah seorang ilmuwan yang sudah menghasilkan lebih dari 500 hak paten atas temuannya, terutama dalam hal optik.

Biografi Edwin Land

Edwin adalah satu-satunya anak laki-laki dari pasangan suami istri bernama Martha Land dan Harry. Dimana ayah Edwin adalah seorang tuan tanah dan juga seorang penjual logam. Dimasa mudanya, Edwin sangat gemar membaca buku yang berhubungan dengan ilmu Fisika optik yang merupakan hasil tulisan dari Robert W. Wood. Setelah Edwin menyelesaikan pendidikannya di Norwich Free Academy, ia kemudian melanjutkan pendidikannya ke Harvard College dengan tujuan untuk meneliti polarisasi cahaya.

Setelah setahun belajar disana, ia kemudian memutuskan untuk berhenti dari sekolahnya itu, agar lebih berkonsentrasi dalam menemukan cara yang dapat menghasilkan teknologi polaritas yang efesien dan murah. Teknologi ini kemudian dikenal dengan nama Polaroid. Sejak memutuskan hal itu, ia menjadi lebih rajin datang ke perpustakaan umum yang ada di New York agar bisa menemukan beberapa hal mengenai polaroid.

Biografi Edwin Land 1

Walaupun ia tidak pernah menyelesaikan pendidikannya di Hervard. Edwin tetap diberikan gelar doktorat oleh Harvard College pada tahun 1957. Bahkan tidak hanya mendapatkan satu gelar doktorat, ia mendapatkan gelar doktorat lain sebanyak 20 gelar kehormatan dari berbagai universitas. Edwin menikah dengan perempuan bernama Helen Maislen dan memiliki dua orang putri.

Di awal karyanya, Edwin lebih banyak membuat berbagai produk perang yang dibutuhkan oleh militer Amerika untuk memenuhi perang dunia ke 2. Bersama dengan Polaroid Corporation, ia kemudian memproduksi filter polarisasi yang ia gunakan sebagai kacamata dalam gelat, mesin latihan terbang, bom pencari panas, pelacak target, dan beberapa penemuan lainnya.

Biografi Edwin Land 2

Polaroid film adalah film yang sudah ditemukan oleh Edwin Land. Alat ini mampu menghasilkan foto hanya dengan waktu yang sangat singkat sekitar beberapa menit. Hasil jepretan pertama yang menggunakan kamera polaroid ini dilakukan oleh peneliti yang bernama Dr Edwin Land tahun 1944. Penemuan ini pertama kali ia dapatkan dari pertanyaan anak Edwin yang pada saat itu berusia tiga tahun.

Pertanyaan yang diajukan oleh anak Edwin adalah mengapa tidak dapat melihat hasil foto yang sudah dijepret. Hal inilah yan membuatnya memutuskan untuk menciptakan sistem fotografi yang dipamerkannya dalam pertemuan optical Society bulan Februari 1947. Alat ini menggunakan prinsip dari transfer difusi yang dapat menghasilkan kembali hasil gambar dari kamera itu. Kamera ini pertama kali dijual pada tanggal 26 November 1948 dengan menghasilkan keuntungan yang sangat besar. Selain itu ia juga membuat video berwarna pada tahun 1978. Edwin meninggal dunia pada tanggal 01 Maret 1991.

Loading...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

seven − seven =