Profil & Biografi Louis Pasteur

Loading...

Louis Pasteur merupakan ahli kimia dan ahli dalam mikrobiologi yang lahir pada tanggal 27 Desember 1822 di Dole, Perancis. Ia menjadi sangat terkenal berkat penemuannya mengenai prinsip vaksinasi. Fermentasi pasteurisasi dan mikroba yang merupakan cara untuk dapat mencegah pembusukan makanan hingga mampu bertahan beberapa waktu setelah dipanaskan. Louis sangat dikenal akan terobosannya yang sangat luar biasa dalam hal pencegahan dan penyebab dari suatu penyakit. Hasil penemuannya itu, mampu menyelamatkan orang banyak.

Biografi Louis Pasteur

Louis terlahir dari pasangan suami istri bernama Jean Joseph Pasteur dan Jeanne Etiennette Roqui dan merupakan anak ketiga dari pasangan suami istri itu. Saat ia masih kecil, Louis bersama dengan keluarga memutuskan untuk pindah ke Arbonis dan mengenyam pendidikan disana. Setelah menyelesaikan pendidikan sekolahnya, ia memutuskan untuk pindah ke Paris dan bergabung dalam lembaga barbet, dan kembali lagi pada bulan November.

Louis kemudian masuk ke dalam Royal College de Besencon dan lulus dengan meraih gelar baccalaureat tahun 1840. Setelah menyelesaikan pendidikannya, Louis kemudian diangkat menjadi asisten pengejar di perguruan tinggi itu dan sambil kursus belajar matematika. Setelah mengalami kegagalan, ia akhirnya berhasil lulus di Scientifique baccalaureat dengan mengambil ilmu pengetahuan umum tahun 1842.

Biografi Louis Pasteur 1

Setelah menyelesaikan pendidikannya ia kemudian diangkat menjadi profesor fisika di universitas itu. Namun, salah satu dosen disana memintanya untuk kembali ke Ecole untuk dapat menjadi asisten ilmu kimia. Louis kemudian mulai melakukan penelitian dalam kristalografi tahun 1847 dengan menyerahkan dua tesis. Setelah menjadi profesor fisika di Dijon Lycee, ia pun berhasil menjadi profesor kimia di University of Strasbourg. Ia kemudian menikah dengan seorang putri dari universitas Rektor yang bernama Marie Laurent pada tanggal 29 Mei 1849 dan dikaruniai 5 orang anak.

Tiga dari 5 anaknya meninggal dunia karena mengidap penyakit tifus. Hal inilah yang memberikannya motivasi kepada dirinya dalam menyembuhkan penyakit menular. Karya awalnya mengenai Asimetri molekul, Louis membahas mengenai sifat dari asam tartarat. Larutan dari asam ini berasal dari makhluk hidup yang diperoleh dari sintesis kimia tanpa efek. Kejadian ini adalah pertama kalinya seseorang menunjukkan kiral molekul.

Louis Pasteur

Sedangkan dalam teori fermentasi kuman, Louis mengatakan bahwa fermentasi disebabkan oleh pertumbuhan mikroorganisme, serta pertumbuhan bakteri dalam kaldu. Namun karena adanya bakteri dari luar ini masuk dan tumbuh dalam kaldu tersebut. Hal inilah yang merupakan teori biogenesis. Saat melakukan percobaan ia membuat sebuah bejana yang dibuat dari kaca. Air kaldu ini disimpan di dalam bejana yang diisi filter untuk dapat mencegah semua partikel masuk ke dalamnya.

Ia terus melakukan berbagai macam penelitian dan membuat berbakai vaksin yang dapat menyembuhkan berbagai jenis penyakit dan sudah menyelamatkan ribuan jiwa dari penyakit yang ia derita. Pada tahun 1868, ia sering dilanda stroke yang sangat mengganggu kesehatannya. Louis pun meninggal dunia pada tanggal 28 September 1895.

Loading...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

three × three =