Profil & Biografi Manfred von Ardenne

Loading...

Manfred von Ardenne merupakan seorang peneliti, penemu dan seorang fisikawan yang berasal dari Jerman dan merupakan salah satu penemu yang sudah berhasil memiliki kurang lebih 600 hak paten berkat semua karyanya. Penemuan yang berhasil ia temukan, diantaranya adalah penemuan teknologi nuklir, mikroskop elektron, fisika plasma, teknologi medis, teknologi televisi, serta radio. Manfred mulai melakukan penelitian yang dilakukan di laboratorium pribadinya ini bermulai pada tahun 1928 hingga tahun 1945.

Biografi Manfred von Ardenne

Seperti yang Anda ketahui bahwa Manfred lahir pada tanggal 20 Januari 1907 di Hamburg, Kekaisaran Jerman dan merupakan keluarga bangsawan kaya raya. Ia merupakan anak pertama dari lima bersaudara pasangan Ardenne. Pda tahun 1913, ayahnya ditugaskan ke Kriegsministerium dan kemudian pindah ke Berlin. Dari kecil, Manfred sudah sangat menyukai semua hal yang berhubungan dengan bentuk teknologi.

Kegemarannya ini mendapatkan dukungan yang kuat dari orang tuanya. Ia pertama kali mengenyam pendidikan sekolahnya di rumah bersama dengan guru swasta. Pada tahun 1919, ia menghadiri Real gymnasium untuk mengejar kepentingan pribadinya dalam hal fisika dan teknologi. Saat kompetisi yang berlangsung di sekolahnya, ia kemudian menyerahkan model kamera dan sistem alarm yang membuat dianugrahi tempat pertama.

Biografi Manfred von Ardenne 1

Bahkan saat ia berusia 15 tahun. Manfred sudah mendapatkan hak paten pertamanya atas temuannya yaitu tabung elektronik. Dari hasil penjualan pendapatan publikasi dan penjualan paten membuat Manfred semakin dikenal luas dan meningkatkan amplifier broadband. Ia kemudian melanjutkan pendidikannya ke Universitas dengan mengambil study matematika, fisika, dan kimia. Namun, ia kemudian berhenti dan memutuskan untuk belajar secara otodidak.

Manfred kemudian mendirikan sebuah laboratorium penelitian yang ia gunakan sendiri pada tahun 1928 yang ia namakan dengan nama Foorschungslaboratorium fur Elektronenphysik di Berlin Lichterfelde. Ia melakukan penelitian mengenai radio, elektron mikroskop, teknologi televisi. Ia kemudian berhasil menemukan mikroskop elektron di laboratorium milikinya setelah melakukan penelitian. Biaya laboratorium miliknya itu, ia dapatkan dari hasil temuannya.

Biografi Manfred von Ardenne 2

Penelitian yang ia lakukan dalam hal teknologi frekuensi dan fisika nuklir dibiayai oleh Reich post ministerium yang dipimpin oleh Wilhelm Ohnesorge. Pada tahun 1940, ia melakukan penelitian mengenai pemisahan isotop. Berbagai macam temuan yang berhasil ia temukan ini membuat orang terkagum atas kecerdasan yang dimilikinya. Selain itu, ia juga menemukan televisi yang menggunakan tabung sinar katoda.

Hasil karyanya ini didemonstrasikannya ke seluruh dunia dan berhasil merebut hati semua orang. Ia pertama kali mencapai transmisi pertama pada gambar televisi pada tanggal 24 Desember 1933 yang dilanjutkan dengan uji berjalan. Televisi elektronik ini pertama kali memuat siaran langsung dari Olimpiade Musin Panas di Berlin yang berlangsung pada tahun 1936. Manfred meninggal dunia pada tanggal 26 Mei 1997.

Loading...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

4 × two =