Profil & Biografi Melitta Bentz

Loading...

Melitta Bentz atau Amalie Auguste Melitta Bentz merupakan seorang pengusaha asal Jerman yang sudah menemukan penyaring kopi pada tahun 1908. Melitta lahir pada tanggal 31 Januari 1873 di Dresden, Jerman. Dia adalah salah satu penemu perempuan yang turut menyumbangkan teknologi canggih dalam memajukan dunia. Berkat temuannya itu, Melitta mampu menyukseskan negara Jerman.

MAILMASTER Subject: Art for Mothers of Invention - Melitta photos On 2014-05-09, at 5:59 PM, Smith, Dan wrote: Melitta Bentz, courtesy Melitta USA Melitta_Bentz_Filter.jpg

Ayah Melitta merupakan seorang penerbit, sedangkan ibunya adalah ibu rumah tangga biasa. Melitta sudah berhasil menemukan percolators yang merupakan mesin espresso terkenal saat itu yang dapat meninggalkan ampas kopi setelah kopi diseduh, serta kantung penyaring yang tidak merepotkan Anda saat membersihkannya. Agar misinya itu sukses, Melitta melakukan berbagai macam penelitian dan eksperimen saat mengerjakannya. Dalam penelitiannya itu, ia kemudian memutuskan untuk membuatnya dengan menggunakan blotting yang berasal dari buku latihan sekolah anaknya.

Ia kemudian membuat sebuah corong dari bahan dasar kertas yang kemudian dimasukkan ke dalam cangkir logam kuningan. Cangkir yang digunakan itu kemudian dilubangi bagian dasarnya dengan menggunakan paku. Atas hasil penelitian yang berhasil ia temukan ini, Melitta berhasil mendapatkan hak paten atas karyanya itu yang langsung diberikan oleh Kaiserliche Patentamt pada tanggal 20 Juni 1908.

Biografi Melitta Bentz 2

Setelah sukses dalam hasil proyeknya itu, perusahaannya masuk ke dalam komersial register pada tanggal 15 Desember dengan 73 Pfennig. Perusahaan ini mampu menjual hingga 1200 penyaring kopi pada tahun 1909. Suaminya Melitta yang bernama Hugo dan anak mereka, serta karyawannya yang bernama Horst Willi ini adalah orang-orang yang bekerja di perusahaan yang ia dirikan. Berkat hasil karyanya ini, perusahaan yang ia dirikan ini berhasil memenangkan medali emas dalam Pameran Kesehatan Internasional dan medali perak.

Saat perang dunia pertama terjadi, suami Melitta turut bergabung dalam rangka wajib militer ke Rumania. Pada saat itu, produksi kertas dijatah oleh pemerintah, serta impor kopi juga dilarang. Semua kejadian ini tentunya sangat mempengaruhi bisnisnya dan sangat mengganggu. Saat kejadian itu, ia kemudian memutuskan untuk menjual karton. Perluasan bisnis ini memaksa keluarganya untuk memindahkan bisnis keluarga ini selama beberapa kali di Dresden.

Biografi Melitta Bentz

Pada tahun 1928 permintaan produksi kopi ke perusahaannya melonjak tinggi yang menyebabkan mereka harus menyediakan 80 orang pekerja dalam sistem double shift agar bisa menyelesaikan pesanan yang kian banyak. Perusahaan ini terus berkembang pesat dan pindah ke Minden pada tahun 1929. Setelah perang dunia ke 2 terjadi, produksi alat ini dihentikan dan perusahaan memerintahkannya untuk memproduksi barang yang dapat membantu kegiatan perang.

Melitta meninggal dunia pada tanggal 29 Juni 1950. Perusahaannya diwariskan ke cucunya dengan kantor pusat yang berada di Minden kawasan timur dengan total karyawan sebesar 3300 di 50 perusahaan.

Loading...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

2 × three =