Profil & Biografi Nikola Tesla

Loading...

Nikola Tesla merupakan seorang penemu, teknisi mekanika, fisikawan dan seorang teknisi listrik Serbia Amerika yang lahir pada tanggal 10 Juli 1856. Ia dianggap sebagai salah satu penemu yang paling terpenting dalam sejarah. Nikola adalah seorang teknisi yang paling besar dan merupakan seorang perintis tanpa kabel, elektromekanik, daya listrik. Nikola merupakan keturunan Serbia yang menjadi warga negara Amerika Serikat pada tahun 1891.

Biografi Nikola Tesla

Nikola merupakan anak dari seorang imam ortodoks yang bernama Milutin Tesla, sedangkan ibunya bernama Duka Tesla. Ayahnya Nikola ini adalah seorang pendeta ortodoks yang memiliki bakat dalam membuat alat kerajinan rumah, kemampuan dalam menghafal puisi epik serbia, serta peralatan mekanik. Ibu Nikola tidak pernah mendapatkan pendidikan formal. Nikola mempunyai bakat memori yang identik dan kemampuan kreatif yang berasal dari genetika ibunya. Nenek moyangnya sendiri berasal dari bagian barat serbia.

Nikola mengenyam pendidikan pertama kali di sekolah rendah primary untuk belajar bahasa Jerman, agama, serta aritmatika. Pada tahun 1862, keluarga Nikola pindah ke Gospic, dimana ayahnya bekerja sebagai seorang pendeta. Setelah menyelesaikan sekolahnya, ia kemudian melanjutkan pendidikannya ke Gymnasium Tinggi nyaman yang dipengaruhi oleh guru matematika. Disana ia mampu melakukan kalkulus integral dalam jangka waktu yang singkat sehingga membuat gurunya sangat terkesan.

Biografi Nikola Tesla 2

Teorinya yang sangat terkenal adalah daya listrik arus bolak-balik modern termasuk polyphase, motor AC yang ia umumkan saat Revolusi Industri Kedua. Setelah pendemontrasian ini selesai dilakukan dan berhasil memenangkan perang arus, Nikola dinggap sebagai salah satu teknisi listrik hebat. Ia terus mencari ide-ide baru dalam pencahayaan nikabel dan distribusi listrik. Banyak eksperimen dan penelitian yang ia lakukan.

Nikola semakin dikenal luas oleh banyak orang atas prestasi dan kecakapan yang memainkan pertunjukkan dalam semua hal itu. Atas hak paten yang ia dapatkan dari hasil karyanya itu membuatnya bisa mendapatkan uang dalam jumlah yang banyak. Uang tersebut sebagian digunakan untuk membiayai proyek sendiri dengan berbagai tingkat keberhasilan. Pada tahun 1873, ia memutuskan kembali ke kota kelahirannya. Setelah pulang ia mengidap penyakit kolera yang membuatnya terbaring di tempat tidur selama 9 bulan dan hampir meninggal dunia.

Biografi Nikola Tesla 1

Setelah sembuh, ia melanjutkan pendidikannya ke Australia Politeknik dan mendapatkan nilai yang sangat baik saat disana. Namun, setelah beberapa tahun disana, ia memutuskan untuk meninggalkan kuliahnya dan bekerja menjadi guru gambar disana dan menghabiskan waktunya untuk bermain kartu. Ayahnya mendatanginya dan memintanya untuk pulang namun ditolaknya.

Beberapa tahun setelah ayahnya meninggal dunia, Nikola bersama dengan rekannya mendirikan perusahaan listrik yang membuahkan hasil yaitu listrik lampu busur sistem pencahayaan berbasis. Ia juga mengembangkan motor induksi yang menggunakan format sistem kekuaan yang dibangun di Eropa dan Amerika. Nikola meninggal dunia pada tanggal 7 Januari 1943.

Loading...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

7 + five =