Profil & Biografi Ray Tomlinson

Loading...

Ray Tomlinson atau yang dikenal dengan nama Raymond Samuel Tomlinson lahir pada tanggal 23 April 1941 di Amsterdam, New York, Amerika Serikat. Ia sangat dikenal sebagai penemu dari email atau Elektronik Mail yang saat ini digunakan oleh banyak orang. Ray adalah salah satu sosok yang sangat mempengaruhi teknologi yang ada di dunia ini. Temuannya ini sudah banyak membantu banyak orang.

Biografi Ray Tomlinson 1

Pada awalnya Ray dan keluarganya di Amsterdam, namun beberapa tahun setelah itu Ray beserta keluarganya memutuskan untuk pindah ke desa kecil yang berada di Vail Mills. Saat Ray remaja, ia mengenyam pendidikan di Broadalbin Central School yang terletak di daerah Broadalbin, New York. Setalah menyelesaikan pendidikan sekolahnya, ia kemudian melanjutkan pendidikannya ke Rensselaer Polytechnic Institute yang terletak di Troy, New York. Setelah berhasil menyelesaikan pendidikannya dan menerima gelar sebagai Bachelor of Science dalam bidang teknik listrik, ia melanjutkan pendidikannya agar bisa memperoleh gelar master.

Biografi Ray Tomlinson

Ia bekerja di Speech Communication Group dan mengembangkan teknologi analog digital disana. Analog digital itu kemudian dijadikan sebagai subyek tesisnya dalam menerima gelar S.M dalam bidang Teknik Elektro tahun 1965. Ray ikut bergabung dengan perusahaan teknologi yang bernama Bolt pada tahun 1967 yang sekrang dikenal dengan nama BBN Technologies. Disana, Ray ikut membantu dalam mengembangkan sistem operasi TENEX dan implementasi TELNET. Disana ia menuliskan sebuah program transfer file yang ia sebut dengan nama CPYNET melalui ARPANET.

Ray kemudian diminta untuk merubah program yang ia disebut dengan SNDMSG dengan menambahkan kode yang diambil dari SNDMSG dan CPYNET sehingga bisa mengirim pesan. Inilah yang nantinya menjadi E-mail. Pada tahun 1971, Ray berhasil menemukan elektronik mail atau email berbasis internet di ARPANET. Ia terus melakukan penelitian dan percobaan dalam menyelesaikan proyeknya. Ray kemudian membuat sebuah program transfer yang membuat para pengguna komputer bisa mengirimkan file. Disinilah ia mendapatkan ide untuk bisa menggabungkan CYPNET dan SNDMSG yang membuat Anda bisa mengirim pesan dan sebuah jaringan.

Biografi Ray Tomlinson 2

Ray terus melakukan penelitian dan mempelajari mengenai keyboard, serta komputer sampai pada akhirnya ia menggunakan simbol @ sebagai simbol petunjuk alamat email. Simbol ini digunakan untuk membedakan antara pengguna dengan domain atau alamat server yang disebut dengan “et”. Email pertama yang ia kirim dengan menggunakan jaringan ARPANET adalah “QWERTYUIOP”.

Ia termasuk orang yang berhasil mencapai tujuan penting dan revolusioner dalam dunia teknik informasi. Berkat penemuannya ini, Ray layak menjadi 50 tokoh yang berhasil mempengaruhi dunia informatika. Ray banyak mendapatkan penghargaan atas kerja kerasnya itu, salah satunya adalah pada tahun 2012, Ray dilantik dalam Hall of Fame Internet oleh Internet Society.

Loading...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

eighteen + nine =