Profil & Biografi Rene Laennec

Loading...

Rene-Theophile Hyacinthe Laennec atau Rene Laennec lahir pada tanggal 17 Februari 1781 di Perancis. Rene adalah orang yang sudah berhasil menemukan stetoskop pada tahun 1816 saat ia bekerja di Rumah sakit Necker yang mempelopori penggunaannya dalam mendiagnosis berbagai penyakit. Ia juga dikenal sebagai doktor Perancis dan seorang dosen di salah satu universitas bernama College de Prancis pada tahun 1822. Janji terakhirnya yang sangat terkenal adalah kepala klinik medis di Hospital de.

Biografi Rene Laennec

Rene terlahir di sebuah kota Quimper dan ibunya meninggal dunia saat ia berusia lima atau enam tahun karena mengidap penyakit TBC. Setelah kejadian itu, ia tinggal dengan Abbe Laennec yang merupakan pamannya dan bekerja di sebuah fakultas kedokteran. Saat disana, ia sempat menerima pendidikan mengenai ilmu selain kedokteran seperti menulis puisi, menari, serta belajar bahasa Yunani. Saat di Universitas Kedokteran, ia adalah mahasiswa yang sangat pandai. Disana, ia juga dilatih agar bisa menggunakan suara sebagai alat bantu diagnostik.

Biografi Rene Laennec 1

Penemuannya mengenai stetoskop berasal dari pengalamannya pada tahun 1816. Dimana pada saat itu, ia sedang berkonsultasi dengan seorang perempuan yang mengidap gejala penyakit jantung. Semua cara ia lakukan untuk bisa mendengarkan hal-hal yang terjadi dalam tubuh perempuan itu termasuk dalam metode klasik. Rene kemudian mencoba untuk memutarkan sebuah kertas quire dan menjadikannya silinder dan mendekatkan satu ujung ke daerah jantung. Pada saat itu ia terkejut karena bisa merasakan detak jantung.

Setelah itu ia berhasil menemukan stetoskop yang jauh lebih unggul dibandingkan dengan stetoskop sebelumnya terutama pada pasien yang kelebihan berat badan. Ia kemudian membuat sebuah instrumen pertama yang panjangnya hingga 25cm serta diameter selender 2.5 cm dan disempurnakan lagi menjadi tiga bagian yang dapat Anda lepas. Atas penelitian yang berhasil ia temukan itu, Rene kemudian memeriksa pasien dari samping tempat tidur sehingga mampu mengkorelasikan suara yang sudah ditangkap oleh instrumen baru melalui perubahan spesifik patologis dada.

Biografi Rene Laennec 2

Rene merupakan orang pertama yang sudah mengklasifikasikan dan mendiksisikan istilah dari ronki, rales, egophony, crepitance. Beberapa istilah ini seringkali digunakan oleh para dokter. Ia juga memperkenalkan hasil penemuannya itu dalam pembicaraan di Academie de Medecin pada bulan Februari 1818. Rene mempublikasikan penemuannya pada tahun 1819. Rene kemudian menciptakan istilah mediate auscultation yang sangat bertentangan dengan praktis yaitu dalam menempatkan telinga langsung ke dada. Ia memberikan nama pada istrumen ini dengan sebutan stetoskop yang berasal dari kata dada atau stethos dan skopos atau pemeriksaan.

Sebagian dokter tidak menerima hasil penemuannya itu. Ia meninggal dunia pada tanggal 13 Agustus 1826 di Ploare, Perancis. Setelah ia meninggal, Rene mewariskan stetoskopmua kepana keponakannya.

Loading...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

12 − three =