Profil & Biografi Robert Fulton

Loading...

Robert Fulton merupakan seorang penemu, seniman dan merupakan seorang ahli teknik yang lahir pada tanggal 14 November 1765 di Lancaster. Ia menjadi sangat terkenal berkat hasil karyanya dalam membuat kapal uap pertama di dunia. Tidak hanya itu saja, ia juga sudah berhasil merancang sebuah transportasi lintas air dan kapal selam pertama di dunia. Bahkan tidak hanya itu saja, Robert sudah berhasil membuat berbagai macam peralatan yang dibutuh oleh kapal air seperti torpedo dan kapal selam di Perancis dari tahun 1797 hingga tahun 1806.

Biografi Robert Fulton

Masih belum banyak orang yang mengetahui tentang sejarah kapal api. Kapal api mengalami banyak perubahan dan perkembangannya mulai dari sebagai kapal angkutan hingga kapal api ini menjadi kapal perang tercanggih yang digunakan hampir seluruh kalangan militer mengenai pertahanan laut. Pada awalnya, Robert pertama kali mulai tertarik dengan penemuannya mengenai kapal uap ini bermula pada tahun 1777. Dimana pada saat itu ia mengunjungi William Henry yang belajar mengenai mesin uap.

Biografi Robert Fulton 1

Pada tahun 1767, ia kemudian mencoba untuk membuat sebuah penemuan dalam hal mesin dan mencoba meletakkannya di sebuah perahu. Namun mengalami kegagalan, kapal yang ia buat ini tenggelam. Walaupun seperti itu, Robert terus melakukan penelitian dan percobaan. Ia kemudian memutuskan untuk belajar melukis pada tahun 1786 dan bertemu dengan James Rumsey. James adalah seorang penemu asal Virginia yang sudah berhasil mengelola kapal uap pertama pada tahun 1786.

Ia kemudian pergi ke Inggris dan bertemu dengan Duke of Bridgewater. Robert juga pergi ke Perancis yang merupakan tempat Claude de Jouffroy sudah membuat kapal uap menggunakan roda. Disana ia mulai melakukan eksperimen menggunakan kapal selam torpedo. Hal inilah yang membuatnya menjadi penemu panorama pertama kali yang ia tampilkan di Paris. Saat tinggal di negara Paris, ia membuat sebuah rancangan mengenai kapal selam pertama dengan meminta bantuan pemerintah untuk memberikan subsidi.

Biografi Robert Fulton 2

Pada tahun 1801, Robert bertemu dengan duta besar Amerika Serikat bernama Robert R. Livingswon dan membuat kesepakatan dalam membangun sebuah kapal dan mencoba untuk menjalankan kapal itu. Pada awalnya Robert melakukan percobaan mengenai hambatan air dari berbagai bentuk lambung. Awalnya kapal ini bisa berjalan dengan sempurna. Namun setelah melakukan beberapa penelitian lambung itu dibangun kembali untuk dapat memperkuat perahu itu pada tanggal 9 Agustus 1803.

Perahu yang berhasil ia buat itu memiliki ukuran hingga 66 kaki dengan ukuran panjang mencapai 8 kaki. Kapal ini dibuat dengan kecepatan 3 dan 4 mil perjamnya. Robert dan rekan kerjanya itu membangun sebuagh kapal komersial pada tahun 1807. Kapal ini mampu menemup perjalanan hingga 300 mill dalam wkatu 62 jam. Hasil karya Robert ini sangat berguna dalam mengembangkan kecanggihan yang ada di dunia. Robert meninggal dunia pada tanggal 24 Januari 1815 di New York.

Loading...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

one × two =